SGU gandeng BNN gelar PKKMB

JawaPos.com – Program Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) sangat diperlukan dalam menyiapkan mahasiswa baru sebelum memasuki kehidupan kampus. Meskipun, sebelumnya kegiatan ini seringkali di identifikasikan dengan ajang perpeloncoan dari para senior di kampus.

Untuk itu, perguruan tinggi bertanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan PKKMB dengan program yang dapat menanamkan pendidikan karakter dasar yang fundamental untuk perjalanan studi mereka di perguruan tinggi.

Hal itu Sesuai edaran Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) PKKMB yang merupakan tanggung jawab pimpinan perguruan tinggi, yang didukung oleh dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa.

Tujuannya untuk memperkenalkan, mempersiapkan, dan mengakselerasi mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang sadar akan hak dan kewajibannya. 

Sebagaimana keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, hal ini sejalan dengan program PKKMB yang dilaksanakan di Swiss German University (SGU). Dengan mengangkat tema “Strong and United”.

Rektor SGU, Dr. Filiana Santoso mengungkapkan, PKKMB SGU menitikberatkan pada pembentukan karakter dari para mahasiswa baru, agar tidak hanya menjadi individu yang mandiri saja, tetapi juga peduli dan hormat terhadap

“Harapnnya, mahasiswa baru akan menjadi lebih kuat secara karakter dan semakin bersatu dengan teman mahasiswa lainnya dan mentor-mentor kehidupan,” kata Filiana Santoso. 

Menurut Filiana, sejak awal berdirinya SGU, kampunya bertanggung jawab untuk secara bersama membangun karakter yang luhur bagi para mahasiswa baru dengan tata cara yang baik, professional dan penuh integritas.

Dalam rangkaian program PKKMB SGU, terdapat beberapa materi yang diberikan kepada mahasiswa baru yang sesuai dengan Panduan Umum Kemenristekdikti.

Antara lain penyuluhan bahaya narkoba oleh BNN (Badan Narkotika Nasional), seminar Bela Negara, seminar pengembangan karakter, upacara penaikan bendera dalam rangka perayaan HUT RI ke-72, ada juga tim building games untuk mempererat kekompakan dan persatuan antar mahasiswa. 

“Tentu ini menjadi momen yang tepat untuk menciptakan individu yang berbudi luhur,” pungkas Filiana.

(dms/JPC)