SGU Goes TO Europe

SGU Kirim 192 Mahasiswa untuk Menjalani Program Kerja Magang ke Eropa

Jakarta, 25 Januari 2018 – Swiss German University (SGU) sebagai pelopor universitas internasional di Indonesia, hari ini mengadakan acara perpisahan untuk mengantarkan para mahasiswa semester 6 yang akan berangkat ke Eropa untuk melaksanakan program kerja magang wajib yang bertajuk SGU Goes to Europe. Dilaksanakan di Usmar Ismail Hall, Jakarta, sebanyak 192 mahasiswa SGU hadir dan siap untuk diberangkatkan ke Eropa pada tanggal 31 Januari 2018. 

SGU Goes to Europe merupakan acara tahunan yang dilaksanakan oleh SGU sebagai bentuk komitmen dan konsistensinya dalam meningkatkan kualitas para mahasiswa di kancah internasional melalui program kerja magang ke Eropa. Program ini merupakan kurikulum wajib semester 6 dalam sistem pendidikan SGU. Menginjak 18 tahun berdiri, SGU telah mengirimkan lebih dari 2000 mahasiswanya ke Eropa dan tahun ini terdapat 187 mahasiswa yang diberangkatkan ke Jerman dan 5 mahasiswa ke Swiss. 

“Setiap tahunnya, SGU konsisten berkomitmen penuh untuk meningkatkan kompetensi dari setiap mahasiswa melalui program kerja magang yang dilaksanakan pada semester 3 dan semester 6. Pada semester 3, para mahasiswa akan melakukan program kerja magang di Indonesia dan pada semester 6 mereka akan magang di Eropa. Melalui program kerja magang yang unik ini, setiap mahasiswa dilatih dan dibentuk untuk bisa bersaing di kancah global dengan memiliki keterampilan (hard skill dan soft skill) yang mumpuni, karakter yang kuat, dan pengalaman internasional,” kata Rektor SGU, Dr. rer. nat. Filiana Santoso.
 
Komitmen dan konsistensi SGU ini didukung oleh hubungan erat dan kepercayaan dari institusi-institusi pendidikan dan non pendidikan, baik dalam dan luar negeri, seperti pemerintah Jerman dan Swiss, DAAD (Deutscher Akademischer Austauschdienst), Fachhochschule Südwestfalen (University of Applied Science), Ernst-Abbe-Hochschule Jena (University of Applied Science), IMI (International Management Institute) serta mitra institusi dan perusahaan SGU di Eropa. Turut hadir dalam acara ini yaitu perwakilan dari Kedutaan Besar Jerman untuk Indonesia, Dr. Svann Langguth – Head of Division Science & Technology, dan perwakilan dari Kedutaan Besar Swiss untuk Indonesia, Mr. Michael Cottier – Deputy Head of Mission, mitra industri, mitra institusi pendidikan, dan para orang tua mahasiswa yang akan berangkat ke Eropa.

Melalui program kerja magang ke Eropa ini, diharapkan para mahasiswa dapat menyerap ilmu, keterampilan, pelajaran, dan pengalaman selama belajar dan bekerja magang di Eropa sehingga ketika kembali ke Indonesia nanti menjadi generasi muda yang memiliki wawasan internasional dan dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah global.

DOWNLOAD PRESS RELEASESGU Goes To Europe 2018 – Press Release (fin)