Swiss German University Gelar Upacara Wisuda ke-14 untuk 384 lulusan berwawasan internasional

Jakarta, 23 September 2017 – Bertempat di Hotel Pullman Jakarta Central Park, Swiss German University (SGU) sebagai universitas internasional pertama di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2000 hari ini dengan bangga menyelenggarakan upacara wisuda ke-14. Upacara perayaan wisuda bagi 384 mahasiswa/i program sarjana dan pasca sarjana dari fakultas Engineering & Information Technology, Business Administration & Humanities, dan Life Sciences & Technology merupakan realisasi nyata dari visi dan misi SGU yang mengedepankan filosofi pembelajaran pada peningkatan daya saing global serta pembentukan soft skills dan karakter lewat program magang di dalam dan luar negri. Dalam acara wisuda ini, SGU juga meluluskan para wisudawan dari Gajah Tunggal dan ATMI Cikarang sebagai wujud kerjasama dalam upaya peningkatan keahlian sumber daya manusia.

Di tengah perkembangan teknologi digital yang semakin maju, baik di dunia bisnis maupun industri, kualitas sumber daya manusia (SDM) dari lulusan perguruan tinggi menjadi suatu hal yang menjadi perhatian dari perusahaan-perusahaan. Namun, faktanya Indonesia masih membutuhkan banyak tenaga ahli yang tidak hanya unggul dari sisi akademik, tetapi memiliki karakter dan jiwa kepemimpinan yang tinggi. “Sesuai tema wisuda tahun ini, ‘Building Young Leaders for Indonesia’s Bright Future’, hari ini kita merayakan kelulusan para pemimpin muda Indonesia  yang telah melewati berbagai bentuk tantangan sehingga dapat bersaing secara global tidak hanya karena kemampuan mereka untuk mengubah pengetahuan dan keterampilan mereka menjadi hasil yang sangat berharga, tetapi juga karena terbentuknya karakter dan jiwa kepemimpinan mereka saat menghadapi kesulitan hidup – karakter yang hanya dapat dibentuk karena telah mengatasi berbagai keadaan dan tantangan, bukan hanya dengan buku pelajaran dan sesi kuliah,” kata Dr. rer. nat. Filiana Santoso, Rektor SGU.

Pada wisuda ke-14 ini SGU meluluskan 341 wisudawan dari program sarjana dan 43 wisudawan dari program pasca sarjana, juga memberikan triple degree kepada 17 wisudawan. “Hari ini kami bangga untuk mengatakan bahwa lulusan kami telah menunjukkan hasil akademis yang sangat baik. Rata-rata IPK untuk program sarjana adalah 3,00 dan untuk program pasca sarjana yaitu 3,58. IPK tertinggi dari program pasca sarjana mencapai nilai 3,90 yang berasal dari program studi Master of Information Technology dari Fakultas Engineering & Information Technology dan IPK tertinggi dari program sarjana mencapai 3,97 dari program studi Food Technology dari Fakultas Life Sciences & Technology.

Sebagai universitas yang sangat mengedepankan pembentukan karakter dan menjunjung tinggi keseimbangan antara prestasi akademik dan non-akademik, pada upacara wisuda ini SGU juga memberikan penghargaan di kategori non-akademik melalui E.Y Kanter for Distinguished Achievement Award, dimana penghargaan ini diinspirasi oleh sosok Mayor Jendral Empi Yohan Kanter yang memiliki jasa mulia di zaman orde baru. Penghargaan ini diberikan kepada mahasiswa/i yang aktif dan berprestasi di bidang kampus dan dikenal sebagai sosok yang memiliki karakter positif oleh lingkungan kampus dan sekitarnya.

Upacara wisuda ini turut dihadiri oleh Ketua Yayasan Swiss German University, Chris Kanter; Kabadiklat Kementerian Pertahanan RI, Mayor Jenderal TNI Hartind Asrin; Head of Culture & Public Relations Embassy of Germany, Mr. Joerg Kinnen; Deputy Head of Mission Embassy of Switzerland, Mr. Michael Cottier; serta para petinggi dari perusahaan, organisasi, institusi lokal dan internasional yang merupakan mitra Swiss German University.

Swiss German University (SGU) memiliki komitmen tinggi untuk memajukan pendidikan tinggi Indonesia serta kualitas sumber daya manusia Indonesia dengan penyediaan program pendidikan yang inovatif melalui 11 program studi sarjana dan 3 pasca sarjana berkualitas internasional dari mitra-mitra institusi ternama dan kerja sama industri dengan lebih dari 250 perusahaan yang tersebar di Indonesia dan Eropa.