Source: http://www.fernedu.com/requirements-to-study-in-germany-for-indian-students/

Jerman memiliki ketenaran di seluruh dunia, terutama di kalangan siswa asing karena derajat yang berorientasi praktis serta gaya hidup dan program gelar sarjana gratis. Anda hanya perlu membayar biaya administrasi kecil setiap semester, tetapi Anda harus menyadari bahwa ini hanya berlaku untuk universitas negeri. Namun, secara finansial, kuliah di Jerman bukan hanya tentang biaya kuliah. Siswa internasional juga harus membayar akomodasi, makanan, dan biaya hidup tambahan.

Beberapa program beasiswa atau bantuan keuangan diberikan kepada siswa internasional hanya dalam kasus luar biasa dan sebagian besar universitas di Jerman tidak memasukkan peluang pendanaan. Anda memiliki lebih banyak alasan untuk mencari beasiswa Magister kuliah di Jerman jika Anda tertarik pada program Magister dalam subjek yang berbeda dari yang Anda pelajari selama program Sarjana.

Misalnya, jika Anda menyelesaikan gelar Sarjana dalam sejarah dan berencana untuk mengambil gelar Master di bidang ilmu komputer di Jerman, Anda akan dikenai biaya kuliah tambahan. Berikut beberapa peluang bantuan keuangan yang dapat Anda temukan ketika kuliah Jerman:

Beasiswa pemerintah paling terkenal di Jerman

Beasiswa DAAD

DAAD (Deutscher Akademischer Austauschdienst German Academic Exchange Service) adalah organisasi bantuan keuangan terbesar di dunia. DAAD juga menargetkan negara-negara lain selain Jerman dan bahkan memasukkan program-program khusus seperti Seniman di Berlin yang didedikasikan untuk siswa dari bidang seni. Organisasi ini setiap tahun mendukung lebih dari 100.000 mahasiswa dan peneliti Jerman dan internasional.

DAAD juga menargetkan siswa dari negara-negara berkembang

The Deutschlandstipendium

Lebih dari 22.500 siswa mendapat manfaat dari program nasional yang dibuat oleh Pemerintah Federal Jerman ini. Program ini adalah kemitraan antara lembaga publik dan swasta, dalam rangka memberikan penghargaan kepada siswa berbakat. Melalui sponsor dari bisnis, yayasan, universitas swasta dan lembaga lainnya plus pemerintah, siswa berbakat diberikan 300 EUR / bulan.

Siswa juga mendapatkan program bimbingan, acara jejaring, dan magang. Pemilihan siswa tidak mempertimbangkan pendapatan pribadi atau orang tua, apalagi kebangsaan siswa.

Jika Anda memenuhi persyaratan universitas tempat Anda kuliah, Anda dapat memenuhi syarat untuk mengikuti Deutschlandstipendium. Pendanaan diberikan untuk setidaknya dua semester, periode studi standar, tetapi dapat diperpanjang jika universitas menganggap siswa memenuhi syarat untuk menerima bantuan keuangan lebih lanjut.

Beasiswa non-pemerintah

1. Friedrich Ebert Stiftung

Friedrich Ebert Stiftung adalah yayasan politik yang menawarkan kuliah di Jerman kepada siswa internasional dan Jerman dengan nilai di atas rata-rata dan yang menunjukkan kesadaran akan tanggung jawab sipil, terutama menunjukkan keterlibatan sosial atau politik. Siswa yang diberi penghargaan dapat menerima hingga 1.000 EUR / bulan, jumlah yang mencakup biaya pendaftaran, asuransi kesehatan, dan buku / materi pelajaran bulanan yang diperlukan.

2. Yayasan Heinrich Böll

Heinrich Böll Foundation menyediakan beberapa beasiswa untuk siswa yang kuliah di Jerman dan juga siswa internasional, termasuk pengungsi di semua tingkat gelar. Namun, yayasan ini terutama memberikan penghargaan kepada siswa yang berencana untuk mempelajari mata pelajaran STEM (sains, teknologi, teknik dan matematika), dan terutama program-program dengan fokus pada Ilmu Lingkungan.

Beasiswa lain didedikasikan untuk siswa yang mendaftar ke jurusan bisnis, studi hukum, jurnalisme dan seni.

3. Beasiswa Konrad Adenauer Stiftung (KAS)

Siswa internasional yang berencana untuk belajar program Master atau PhD di Jerman memenuhi syarat untuk Beasiswa Konrad Adenauer Stiftung (KAS). Penghargaan ini ditawarkan selama satu tahun, dan satu persyaratan penting bagi siswa untuk memiliki keterampilan bahasa Jerman (level 2 CEFR) bahkan jika gelar yang mereka terapkan adalah pengajaran Bahasa Inggris. Pelamar juga harus memenuhi persyaratan, yakni batas usia 30 tahun.

4. Yayasan Bayer

Bayer Foundations memberikan dukungan finansial kepada mahasiswa dan profesional muda dari Jerman dan dari luar negeri yang ingin melanjutkan kuliah di Jerman atau proyek penelitian. Persyaratan utama bagi siswa adalah untuk membuktikan hasil akademik yang sangat baik dan proyek harus fokus pada topik dan pendekatan inovatif.

Ada juga yayasan terkait lainnya yang menawarkan dukungan finansial, seperti Friedrich Naumann Stiftung, dan Rosa Luxemburg Stiftung.

Siswa juga dapat mencari bantuan keuangan dalam organisasi keagamaan seperti Cusanuswerk, KAAD, Evangelischen Studienwerk e.V. Villigst atau Evangelischen StudentInnengemeinde.

Beasiswa khusus dari universitas Jerman

Universitas Ilmu Terapan Hamburg menawarkan beasiswa hingga 400 EUR/bulan, empat bulan/semester untuk siswa di beberapa program gelar Master.

Sekolah Pascasarjana Manajemen Leipzig menawarkan program bantuan keuangan untuk siswa yang mendaftar di berbagai program.

Kiat-kiat penting sebelum mengajukan beasiswa

  • Ingatlah untuk selalu memeriksa tenggat waktu pengiriman aplikasi beasiswa!
  • Baca kriteria kelayakan secara menyeluruh dan pastikan Anda cocok dengan mereka. Jika Anda tidak yakin, hubungi penyedia beasiswa untuk klarifikasi.
  • Ajukan lebih dari satu beasiswa untuk meningkatkan peluang Anda menerima beasiswa.

Lihatlah peluang beasiswa lainnya jika ingin kuliah di Jerman dengan mengunjungi website universitas terkait yang ingin Anda tuju. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan update mengenai informasi apa saja yang Anda butuhkan jika ingin kuliah di Jerman.