Dikutip dari berbagai sumber, pada kesempatan kali ini kami akan membahas 8 Jurusan Kuliah Terbaik yang selalu diminati calon mahasiswa baru dari tahun ke tahun. Dengan sedikit ulasan pada tiap bagian, semoga bisa membantu anda untuk dapat memahami apa yang menyebabkan jurusan kuliah ini menjadi pilihan banyak orang. Langsung saja, berikut daftarnya :

Source: https://www.usj.edu/academics/academic-schools/sasbe/biology/bs/

1. Jurusan Biologi

Jurusan kuliah ini mempelajari manusia, tumbuhan, hewan, dan lingkungan tempat mereka tinggal. Siswa belajar tentang sistem ini di tingkat ekosistem. Sebagian besar lulusan biologi menemukan karir di bidang bioteknologi atau genetika.

Salah satu jurusan kuliah terbaik di bidang sains adalah Ilmu Lingkungan. Siswa belajar tentang proses fisik dan biologis yang terjadi di alam.

Ekologi dan genetika hanyalah dua bidang karier utama yang secara teratur mendominasi lulusan jurusan ini. Biologi tetap menjadi bidang studi populer karena persiapannya yang sangat baik di banyak bidang, seperti sekolah kedokteran dan mikrobiologi.

Source : https://www.studyinternational.com/news/how-to-become-a-business-manager-without-studying-business-and-management/

2. Jurusan Administrasi Bisnis

Gelar bisnis mempersiapkan siswa untuk mengelola organisasi yang membeli, menjual barang dan jasa. Anda akan belajar cara menganggarkan biaya, merekrut staf, dan mengendalikan operasi.

Mereka yang mempelajari bidang ini biasanya mengambil kelas di bidang akuntansi, ekonomi, dan fungsi sumber daya manusia. Profesional di industri akuntansi dan pemasaran biasanya memiliki gelar bisnis.

Ekonomi adalah jurusan kuliah seperti gelar Bisnis, siswa belajar bagaimana barang dan jasa didistribusikan dan bagaimana masyarakat mengkonsumsi produk ini di dunia modern. Lulusan dengan gelar ekonomi biasanya mencari pekerjaan sebagai aktuaris atau perencana keuangan.

Dengan menyelesaikan gelar sarjana dalam jurusan ini, Anda dapat mengatur panggung sendiri untuk mendapatkan gelar MBA, atau membuka bisnis Anda sendiri. Lulusan administrasi bisnis menikmati gaji yang cukup tinggi.

Source : https://oakland.edu/cj/news/2017/oakland-university-approves-public-relations-and-strategic-communication-major

3. Jurusan Komunikasi

Dalam dunia yang saling terhubung oleh setiap bentuk media, tujuan menjangkau audiens yang tepat dengan pesan yang tepat tidak pernah lebih mungkin dicapai. Bentuk media baru yang didukung oleh infrastruktur nirkabel di mana-mana dan perangkat keras terjangkau yang dapat kita akses mengubah cara dunia berkomunikasi. Kerja keras untuk meletakkan fondasi ini telah menjadi beban generasi sebelumnya. tantangan saat ini adalah dengan hati-hati membangun kerangka komunikasi yang disesuaikan untuk setiap aplikasi.

Jurusan kuliah Ilmu komunikasi dan media telah muncul sebagai bidang studi yang berkaitan dengan menyesuaikan cara kita berkomunikasi dengan berbagai aplikasi, diantaranya:

  • Jurnalisme, media elektronik, dan siaran TV & radio
  • Komunikasi antar budaya dan multi-bahasa
  • Politik dan administrasi publik
  • Seni pertunjukan, pidato, dan retorika
  • Administrasi bisnis, hubungan industri dan komunikasi perusahaan
  • Pemasaran, periklanan, dan hubungan masyarakat

Karena penekanannya pada interpretasi dan analisis pesan visual dan verbal, jurusan komunikasi sering memiliki keahlian yang paralel dengan jurusan bahasa Inggris.

Source : https://news.hitb.org/content/flaw-pricewaterhousecoopers-software-can-allow-hackers-manipulate-accounting-results

4. Jurusan Ilmu Komputer

ada banyak hal menakjubkan yang dapat Anda lakukan dengan gelar ilmu komputer. Ini adalah bidang yang menarik dan terus berkembang dengan pertumbuhan yang hampir tak terbatas. Dan tahukah Anda bahwa beberapa selebritis sukses adalah mantan jurusan ilmu komputer? Pencipta Facebook Mark Zuckerberg, pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin, dan bahkan komedian Jimmy Fallon semuanya memulai dengan mempelajari ilmu komputer.

Apa itu jurusan kuliah ilmu komputer?

Jurusan ilmu komputer melibatkan studi tentang komputer dan bahasa pemrograman. Jurusan dalam bidang ini akan membantu Anda mengembangkan keterampilan teknis yang hebat dan memberi Anda perspektif baru tentang pemecahan masalah. Anda akan belajar cara memecahkan masalah dan menjalankannya secara efektif. Jurusan beasiswa kuliah ini menanamkan beragam keterampilan ke lulusannya dan mempersiapkan mereka untuk beragam tugas teknis.

Source : https://academics.pittstate.edu/academic-programs/marketing/marketing-degree.html

5. Jurusan Pemasaran (Marketing)

Jika Anda menyukai segala sesuatu tentang menciptakan dan menjual produk baru kepada audiens Anda, menjadi seorang insinyur pemasaran mungkin tepat bagi Anda. Jurusan kuliah pemasaran mempelajari seni dan ilmu mencari tahu apa yang diinginkan orang. Berbekal pengetahuan itu, mereka menciptakan, mengoptimalkan, dan mempromosikan produk dan layanan untuk dijual ke target demografis.

Apa itu jurusan pemasaran?

“Pemasaran” adalah istilah umum untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan penciptaan produk atau layanan dan branding berikutnya dengan harapan membuat orang membeli atau berinteraksi dengannya. Karena ada begitu banyak bagian yang berbeda untuk pemasaran, jurusan pemasaran menghabiskan banyak waktu untuk belajar tentang berbagai bagian dari proses sebelum berkonsentrasi dan mengasah bidang studi tertentu.

Kelas Anda sebagai mata kuliah pemasaran dapat sangat bervariasi tergantung pada programnya. Pilihan potensial diantaranya iklan, promosi, komunikasi pemasaran, hubungan masyarakat, riset pasar, perilaku konsumen, strategi pemasaran, manajemen dan penjualan.

Jurusan ini telah mendapatkan daya tarik yang luar biasa untuk berbagai keterampilan yang dapat diberikan kepada Anda. Dengan spesialisasi dalam pemasaran, Anda dapat fokus pada hubungan masyarakat dan penjualan, atau bidang yang lebih kreatif seperti pembuatan iklan itu sendiri.

Source : https://www.independent.co.uk/topic/royal-college-of-nursing

6. Jurusan Perawatan

Jika Anda berpikir untuk menjadi mahasiswa keperawatan, Anda dapat berharap untuk mendaftar di kelas anatomi, fisiologi, dan kimia.

Para profesional ini menghabiskan hari kerja mereka merawat pasien dan memberikan obat-obatan. Pekerjaan keperawatan dapat ditemukan di bidang khusus seperti neurologi atau geriatri.

Pelajar melakukan rotasi klinis di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya sebagai bagian dari pelatihan mereka. Mereka harus lulus ujian sertifikasi dari program keperawatan yang terakreditasi sebelum dapat dipekerjakan.

Source : https://making-the-web.com/clipart-9571432

7. Jurusan Psikologi

Apakah Anda terpesona oleh perilaku manusia dan tertarik untuk mencari tahu apa yang membuat orang berbeda-beda? Apakah Anda bersemangat membantu orang lain mengatasi situasi sulit? Jika Anda menjawab ya untuk pertanyaan-pertanyaan ini, mata kuliah psikologi mungkin tepat untuk Anda.

Apa itu jurusan psikologi?

Psikologi adalah studi tentang perilaku manusia di tingkat individu dan kelompok. Sebagai jurusan psikologi, Anda akan belajar tentang berbagai faktor yang memengaruhi kesehatan mental (seperti faktor budaya dan lingkungan), dan tentang berbagai dinamika yang dapat memengaruhi psikologi kelompok tertentu. Anda juga akan terjun jauh ke dunia gangguan psikologis dan belajar tentang masalah kesehatan mental umum termasuk kecemasan dan depresi.

Di kelas psikologi, Anda akan mempelajari dasar-dasar fungsi kognitif dan kemudian mempelajari teori-teori lanjutan tentang apa yang mendorong tipe perilaku tertentu. Meliputi fisiologi, statistik dan psikologi eksperimental, jurusan ini akan memberikan beberapa wawasan yang solid ke dalam kerja otak manusia. Bidang studi ini menarik banyak sarjana muda yang bermata lebar setiap tahun akademik, menjadikannya salah satu jurusan kuliah yang masih banyak diminati sampai saat ini.

Source : https://www.carroll.edu/academic-programs/political-science

8. Jurusan Ilmu Politik

Ilmu sosial adalah disiplin akademis yang mempelajari hubungan antar individu dalam suatu masyarakat. Jurusan kuliah dalam disiplin ini mencakup banyak bidang studi, seperti psikologi dan sosiologi. Pekerjaan yang tersedia dalam disiplin ilmu sosial ini termasuk pekerja sosial atau konselor rehabilitasi.

Program gelar sarjana ini biasanya mencakup kursus dalam studi sosial dan kelas-kelas lain tentang perilaku kelompok atau teori tentang motivasi dan kesejahteraan. Siswa Ilmu Sosial mengambil statistik dan kursus penelitian untuk belajar bagaimana menyelidiki masalah sosial dan membuat rekomendasi untuk perbaikan.

Mahasiswa ilmu politik mempelajari sistem tata kelola serta teori dan praktik untuk mendistribusikan kekuasaan dan sumber daya. Beberapa sub-bidang dalam disiplin ini termasuk kebijakan publik atau hubungan luar negeri.

Banyak karyawan sektor publik memiliki gelar ilmu politik. Para profesional ini sering ditemukan di tingkat pemerintah federal, negara bagian, dan lokal.

Layanan berkisar dari masyarakat hingga penegakan hukum. Lulusan ilmu politik juga bisa menikmati jenjang karier sebagai perencana kota atau pejabat setempat.

Demikian, itulah daftar 8 Jurusan Kuliah Favorit Yang Selalu diminati Tiap Tahun. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi acuan bagi anda yang saat ini sedang bingung untuk menentukan jurusan kuliah yang tepat bagi anda.