Source : 1https://www.tvo.org/about/perimeter-institute-inspiring-future-women-in-science

Jurusan Teknik kimia bekerja di lingkungan yang terkendali, menggunakan metode ilmiah untuk memberikan kontribusi berharga dalam berbagai bidang, termasuk kedokteran, biologi, psikologi, dan geologi. Jika Anda mengambil jurusan kimia, Anda akan menjelajahi banyak topik berbeda, dari dasar kimia hingga masalah lingkungan yang disebabkan oleh bahan kimia. Jurusan kimia menggunakan matematika, teori, dan eksperimen untuk mempelajari materi (substansi fisik). Mereka melihat dari apa bahan itu dibuat dan bagaimana perilakunya hingga ke tingkat atom.

Apakah Anda ingin tahu tentang apa yang membentuk dunia di sekitar kita dan mengapa hal-hal seperti itu terjadi? Jika Anda selalu ingin tahu mengapa langit berwarna biru atau bagaimana berlian berbeda dari batu bara, maka kimia dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

Dalam biokimia, Anda akan melihat dasar kimia untuk kehidupan dan mempelajari organisme di tingkat molekuler. Anda akan menjelajahi proses kimia yang memungkinkan suatu organisme tumbuh, memperbaiki kerusakan, dan mereproduksi. Subjek yang mungkin Anda bahas termasuk enzim, yang mempercepat proses kimia dalam suatu organisme, DNA, dan genetik untuk setiap makhluk hidup.

Setiap tahun, Departemen Kimia dan Biokimia meluluskan sekitar 40 jurusan, dengan jarak yang hampir sama antara jurusan biokimia dan kimia. Kedua kelompok memiliki kurikulum yang sama untuk dua tahun pertama. Kelas diajarkan secara terpisah dari jalur non-jurusan, yang memungkinkan untuk ukuran kelas yang lebih kecil dan diskusi yang lebih mendalam.

Beberapa keuntungan yang dinikmati oleh jurusan kami meliputi:

  • Kontak langsung dengan para profesor
  • Pengalaman langsung dengan peralatan kelas penelitian di laboratorium sarjana
  • Laboratorium unik berbasis proyek elektrik yang menekankan pada pemikiran kritis dan keterampilan mengatasi masalah

Tentang Jurusan Kimia

Jurusan Teknik Kimia dan Biokimia juga didorong untuk terlibat dalam penelitian sarjana. Dengan lebih dari 50 fakultas penelitian yang terkait dengan departemen, siswa dapat menemukan beberapa opsi yang sesuai dengan minat mereka. Jurusan ini juga dipersilakan untuk menghubungi fakultas di departemen lain jika penelitian mereka menarik.

Gelar Fleksibel Yang Mempersiapkan Anda Berbagai Jalur Karier

Penelitian Sarjana Ilmu Kimia sering disebut sebagai “ilmu pusat” karena menghubungkan ilmu fisik, kehidupan, dan ilmu terapan. Gelar Bachelor of Science dalam kimia atau biokimia memberi Anda gelar yang dapat membawa Anda ke mana pun Anda ingin pergi. Mereka yang tertarik dengan sekolah kedokteran akan menemukan bahwa salah satu program studi yang memenuhi persyaratan sekolah kedokteran adalah Teknik kimia.

Siswa yang tertarik dalam karir penelitian akan menemukan bahwa dasar yang kuat dalam kimia dan biokimia memungkinkan mereka untuk bercabang ke bidang studi lain di tingkat pascasarjana atau fokus pada bidang kimia tertentu yang menarik minat mereka. Berpikir sekolah hukum, sekolah farmasi, atau hanya mendapatkan pekerjaan langsung dari perguruan tinggi? Gelar kimia atau biokimia akan mempersiapkan Anda untuk semua ini juga.

Siswa yang tertarik dalam karir di bidang kimia dapat memeriksa Dewan Pekerjaan Kimia & Biokimia atau situs karier yang tersedia di website Swiss German University. Selain itu, Pusat Karier di kampus ini menyediakan banyak sumber daya dan peluang untuk membantu Anda menentukan di mana gelar sarjana akan membawa Anda.

Fasilitas Belajar Mutakhir

SGU Hall of Science dirancang khusus untuk pendidikan sains. Dari ruang kuliah interaktif yang besar hingga teater visualisasi digital (DVT), gedung ini canggih, termasuk Fasilitas laboratorium kimia. Setiap laboratorium kimia menawarkan siswa ruang yang cukup untuk melakukan pekerjaan mereka di lingkungan yang aman dan menarik. Ruang analisis data yang terhubung memberikan siswa tempat untuk menganalisis data dan mendiskusikan hasil.

Ruang laboratorium kimia dilengkapi dengan instrumentasi tingkat penelitian supaya siswa mendapatkan pengalaman langsung dengan peralatan ini. Siswa juga mendapatkan pengalaman menangani bahan kimia sensitif udara dan kelembaban menggunakan garis Schlenk dan kotak sarung tangan. Secara keseluruhan, ini merupakan pendidikan praktis yang tak tertandingi dalam sains.

Penelitian Sarjana

Siswa di kedua jurusan menjadi kelompok yang terjalin erat melalui minat dan pengalaman yang sama. Di luar kelas, kelompok belajar, pertemanan, dan bahkan tim akan terbentuk. Anda akan menjadi sistem pendukung satu sama lain selama empat tahun Anda kuliah mengambil Jurusan Kimia.

Ingin mengetahui lebih lanjut?

Jika Anda mempertimbangkan jurusan kimia dan memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi kami di website https://www.sgu.ac.id/