source: https://www.flowmagazine.com/read/mindfulness/writing-know-better-proprioceptive-writing.html

Jurusan akuntansi ialah belajar cara memelihara keuangan. Ini mempersiapkan siswa untuk menjadi akuntan dengan mengajar mereka tentang prinsip-prinsip akuntansi seperti audit, pelaporan, penganggaran dan peraturan pajak. Akuntansi adalah sarana yang digunakan perusahaan atau organisasi untuk menyampaikan informasi keuangannya.

Karena alasan inilah banyak orang menyebutnya “Bahasa Bisnis” Individu yang fasih dalam bahasa ini adalah komoditas yang sangat berharga di dunia bisnis yang mungkin mengapa akuntansi adalah salah satu jurusan paling populer di kalangan mahasiswa. Lulusan jurusan akuntansi akan mendapatkan gelar associate, sarjana, atau lebih lanjut, memiliki berbagai pilihan karir yang dapat dipilih setelah lulus nanti.

Mempelajari akuntansi mencakup pembelajaran tentang keuangan, pelaporan informasi keuangan organisasi, dan akuntansi manajerial. Penggunaan data itu untuk mengukur kinerja entitas dan menginformasikan keputusan tentang masa depan dan kontrolnya. Jurusan akuntansi mempelajari bagaimana catatan keuangan perusahaan disiapkan dan dipelihara. Ia mempelajari perpajakan, audit, dan pelaporan keuangan.

Sebagai seorang siswa yang mendapatkan gelar sarjana dua tahun di bidang akuntansi, perkirakan untuk mengambil kelas-kelas berikut :

  • Pengantar Akuntansi
  • Komputerisasi Akuntansi
  • Akuntansi biaya
  • Manajemen Administrasi
  • Program Gelar Sarjana

Sementara mengejar gelar akuntansi empat tahun, ini adalah beberapa kursus yang bisa Anda ambil:

  • Pengantar Akuntansi Keuangan
  • Pengantar Akuntansi Manajerial
  • Teori dan Praktik Akuntansi Keuangan
  • Akuntansi biaya
  • Akuntansi Pajak Penghasilan
  • Teori dan Praktek Audit
  • Entitas Akuntansi
  • Program Magister

Mahasiswa pascasarjana termasuk mereka yang terdaftar dalam program MBA dengan konsentrasi dalam jurusan akuntansi dapat mengambil kelas berikut:

  • Akuntansi Keuangan Lanjut
  • Pajak Penghasilan Federal
  • Perpajakan Badan Usaha
  • Perpajakan Kemitraan
  • Analisis dan Pencatatan Laporan Keuangan

Pilihan Karir Dengan Gelar Akuntansi

  • Gelar Associate: Pembukuan, Akunting atau Petugas Audit
  • Gelar Sarjana: Akuntan, Auditor, Akuntan Publik Bersertifikat (CPA), Analis Anggaran, Pemeriksa Pajak, Pemeriksa Keuangan, Analis Keuangan
  • Gelar Master (termasuk gelar MBA dengan konsentrasi di bidang akuntansi): Akuntan, Auditor, CPA, Analis Keuangan, Analis Manajemen
  • Gelar Doktor: Profesor, Peneliti

Pengaturan Kerja Khas

Kantor akuntan publik mempekerjakan individu dengan gelar sarjana atau master dalam bidang akuntansi untuk mempersiapkan dan memelihara dokumen keuangan bagi klien perusahaan. Penerima gelar sarjana sarjana atau pascasarjana lainnya bekerja untuk perusahaan dan organisasi sebagai akuntan staff.

Mereka bertanggung jawab untuk menganalisis informasi keuangan majikan mereka. Individu dengan gelar associate menghasilkan dan memelihara catatan keuangan untuk bisnis dan organisasi. Beberapa lulusan akuntansi bekerja untuk pemerintah. Perguruan tinggi dan universitas mempekerjakan fakultas yang memiliki gelar doktor.

Bagaimana Siswa SMA Dapat Mempersiapkan Diri untuk Jurusan ini

Siswa sekolah menengah dapat mulai bersiap-siap untuk mengambil jurusan akuntansi bahkan sebelum mereka mulai kuliah. Banyak sekolah menawarkan kelas akuntansi, dan siswa harus mengambil sebanyak mungkin dari mereka. Mereka juga harus mengambil ilmu ekonomi, keuangan, matematika, dan komputer.

source: https://economy.okezone.com/read/2018/08/10/320/1934646/tertarik-bisnis-konsultasi-dunia-kerja-ini-tipsnya

Apa Lagi yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa perguruan tinggi memiliki nama lain untuk jurusan akuntansi. Mereka menyebutnya akuntansi, teknologi akuntansi, dan manajemen keuangan. Banyak perusahaan diharuskan untuk mengajukan dokumen dengan Komisi Sekuritas dan Bursa.

Hanya Akuntan Publik Bersertifikat (CPA) berlisensi yang diizinkan untuk menyiapkan dokumen-dokumen ini dan oleh karena itu banyak pemegang gelar akuntansi memilih untuk mendapatkan lisensi ini, Itu membuat mereka menjadi kandidat yang lebih kompetitif. Masing-masing negara mengesahkan akuntan dan masing-masing memiliki aturan sendiri untuk melakukannya.

Semua kandidat CPA harus memenuhi persyaratan pendidikan tertentu dan mengikuti Ujian CPA yang Seragam. Untuk menjaga lisensi mereka, mereka harus mengambil kursus pendidikan berkelanjutan. Belajar akuntansi di perguruan tinggi empat tahun atau universitas akan mengarah ke gelar Bachelor of Science (BS), Bachelor of Science di bidang Administrasi Bisnis, atau Sarjana Administrasi Bisnis (BBA).

Ada dua jenis program gelar asosiasi dalam jurusan akuntansi. Kursus yang siswa ambil untuk memperoleh AAS, yang merupakan singkatan dari Associate in Applied Science, mempersiapkannya untuk pekerjaan. Seorang siswa yang mendapat AS atau Associate in Science, siap untuk mentransfer ke program sarjana di bidang akuntansi.

Program gelar Master tersedia untuk siswa yang memiliki gelar sarjana dalam bidang akuntansi atau subjek bisnis lain, serta bagi mereka yang tidak memiliki latar belakang sebelumnya dalam mata pelajaran ini.

Individu yang ingin mendapatkan gelar master dapat memilih untuk Magister Administrasi Bisnis (MBA) dengan konsentrasi di bidang akuntansi, gelar Master of Science di bidang Akuntansi, atau gelar Master of Science dalam Perpajakan.

Apakah Itu Tepat Untuk Saya?

Akuntan bertanggung jawab atas kesejahteraan keuangan organisasi, akuntan harus mampu memperhatikan detail dan menangani sejumlah besar data sekaligus. Satu kesalahan atau dokumen yang salah diarsipkan dapat menyebabkan masalah besar bagi perusahaan atau organisasi.

Untuk mengetahui apakah karier akuntansi mungkin ada di masa depan Anda, berikut adalah beberapa pertanyaan kunci untuk dipertimbangkan:

  • Apakah saya berorientasi pada detail? Apakah saya memperhatikan detail tanpa ada yang meminta saya?
  • Apakah saya pandai angka? Apakah bekerja dengan set data yang besar berdampak menggairahkan atau mengintimidasi saya?
  • Apakah saya suka bekerja dengan hal-hal seperti neraca, formulir profitabilitas, dan pengajuan pajak? Apakah saya memiliki kepercayaan diri dalam mengisi formulir seperti ini dan menyajikannya atas nama perusahaan, organisasi nirlaba atau pemerintah?
  • Apakah saya dapat melihat dan menganalisis pola dalam sejumlah besar data dan menyampaikan informasi itu kepada orang-orang yang mungkin tidak terlalu mengenal data seperti saya?

Apa Yang Bisa Saya Lakukan Dengan Gelar Akuntansi?

Hanya karena Anda memulai dengan angka-angka tidak berarti Anda harus menghabiskan seluruh pekerjaan atau karier untuk melakukan hal itu. Akuntan memiliki kemampuan untuk memilih apakah akan bekerja di sektor publik atau swasta serta apakah mereka ingin bekerja di sisi yang lebih berorientasi bisnis dari perusahaan mana pun. Jika Anda ingin terjun ke bisnis dan ingin keunggulan analitis dalam persaingan, gelar akuntansi bisa menjadi pilihan sempurna untuk Anda.

Prospek Masa Depan Lulusan Akuntansi?

Jumlah yang akan Anda dapatkan dengan gelar jurusan akuntansi tergantung pada jenis perusahaan yang Anda kejar serta seberapa jauh Anda memutuskan untuk melanjutkan pendidikan Anda. Mahasiswa yang lulus dengan gelar sarjana akuntansi menghasilkan gaji rata-rata Rp.5.000.000-, Bagi orang-orang yang memilih untuk melanjutkan pendidikan dan menjadi Akuntan Publik Bersertifikat (CPA), gaji rata-rata bisa naik.

Selain itu, mereka yang memiliki sertifikasi CPA menghasilkan 5 hingga 15% lebih banyak daripada rekan non-CPA mereka. Selanjutnya, pelajari lebih lanjut tentang jurusan kuliah ini seperti Jenis Magang untuk Jurusan Akuntansi, masuk perguruan tinggi jalur mandiri, dan dapatkan lebih banyak tips karir yang cocok untuk masa depan anda.