Dunia kampus jelas akan memiliki perbedaan dengan dunia SMA. Selain persaingan yang lebih ketat dan dibutuhkan semangat yang tinggi, memasuki dunia kampus dalam kategori top universitas di Indonesia akan terasa lebih dalam hal apa pun termasuk berjuang menjadi mahasiswa yang berprestasi.

Mahasiswa berprestasi tidak hanya dilihat dari segi akademik tetapi bisa juga dari segi non akademik. Lalu apa saja yang kamu dapat lakukan untuk menjadi mahasiswa berprestasi? Simak yuk!

  1. Belajar dengan cara menyenangkan
    Nilai yang tinggi akan kamu dapatkan dengan jika kamu belajar dengan serius. Hal ini dapat kamu lakukan dengan duduk di barisan depan. Kuncinya rajin mencatat, bertanya ketika kamu tidak mengerti dan tidak merasa bosan. Melakukan review kuliah setiap malam untuk menghindari dengan belajar sistem kebut semalam.
     
  2. Dekat dengan banyak dosen
    Mahasiswa yang berprestasi tentu akan dekat dengan dosen, aktif berdiskusi terkait kuliah yang sering dilakukan. Dekat dengan dosen banyak manfaatnya, seperti memberikan informasi terkait dunia kampus dan tentu saja kamu lebih mudah mendapatkan rekomendasi jika kamu ingin melakukan student exchange. Dosen juga akan lebih mempercayakan tugas dan terkait mata kuliah.
     
  3. Aktif kegiatan organisasi
    Mahasiswa yang aktif akan memiliki nilai yang lebih dibandingkan yang tidak mengikuti organisasi. Ikutlah organisasi sesuai yang kamu butuhkan, banyak mahasiswa yang aktif berorganisai meraih kesuksesannya.
     
  4. Asah kemampuan dalam membuat ide dan inovasi
    Jangan hanya mengejar nilai akademik saja tetapi kamu perlu membuat ide yang berguna bagi masyarakat umum.
     
  5. Berprestasi nasional dan Internasional
    Jangan pernah takut untuk mencoba dan gagal dalam berprestasi karena semua tidak akan sia-sia.