Source: https://www.freepik.com/free-photo/attractive-businesswoman-holding-meeting_5577458.htm#page=1&query=present&position=14

Apakah anda berfikir tentang jurusan pemasaran dan bingung harus memulai dari mana? Berikut adalah beberapa informasi mengenai jurusan pemasaran dan pekerjaan umum untuk lulusan jurusan pemasaran. Jika Anda tertarik untuk memasuki bidang bisnis tetapi menikmati tantangan yang lebih kreatif, seperti mencari tahu bagaimana membuat konsumen tertarik pada produk dan layanan tertentu, Anda mungkin berpikir untuk mengambil jurusan pemasaran.

Tanpa iklan dan promosi yang efektif, perusahaan tidak dapat memasukkan produk dan layanan mereka ke pasar, dan posisi pemasaran menawarkan peluang unik untuk membantu membentuk skema di mana konsumen bertemu dan mencari produk-produk tertentu.

Karier dalam jurusan pemasaran dapat mencakup apa saja mulai dari membangun citra merek dengan membuat narasi dan pengiriman pesan yang terhubung dengan konsumen, hingga melakukan riset pasar mendalam yang dapat digunakan tim iklan untuk menargetkan demografi utama.

Di bawah ini kami meninjau lebih spesifik apa itu jurusan pemasaran dan apa jenis kelas yang cocok ditemui jurusan pemasaran, serta beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan jurusan pemasaran ketika tiba saatnya untuk mulai berpikir tentang karier.

Jenis Gelar Pemasaran

Bergantung pada program dan jenis kurikulum yang Anda cari, Anda dapat memilih untuk mengejar gelar pemasaran atau gelar administrasi bisnis dengan spesialisasi pemasaran. Jenis gelar dan tingkat pendidikan yang Anda pilih akan sangat tergantung pada tujuan karir Anda, serta apa yang secara spesifik Anda harapkan dari suatu program.

Gelar Asosiasi dalam Pemasaran atau Administrasi Bisnis

Gelar Bisnis dapat menjadi pengantar yang bagus untuk pemasaran, prinsip-prinsip bisnis diperlukan untuk karir jangka panjang di industri ini. Jika Anda tidak yakin ingin pindah ke bidang pemasaran, gelar Associate Of Business Administration (ABA) juga bisa menjadi cara yang baik untuk belajar lebih banyak sambil membangun basis pengetahuan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk berbagai posisi bisnis.

Sarjana Pemasaran atau Administrasi Bisnis

Mereka yang ingin mengejar posisi pemasaran entry-level langsung dari perguruan tinggi mungkin paling cocok untuk gelar Bachelor Of Science di bidang Pemasaran atau Bachelor of Business Administration (BBA) dengan spesialisasi dalam pemasaran. Jenis yang ditawarkan tergantung pada perguruan tinggi atau universitas, tetapi kedua opsi dapat dibangun di atas program dasar yang biasanya dicakup oleh gelar asosiasi. Seorang sarjana dalam pemasaran dirancang untuk membantu siswa mempersiapkan tantangan dan persyaratan pekerjaan pengantar yang paling utama di lapangan.

Kursus umum dalam spesialisasi pemasaran dapat meliputi:

  • Manajemen Pemasaran
  • Hubungan Masyarakat
  • Perilaku konsumen
  • Manajemen Periklanan dan Promosi

Magister Pemasaran atau Administrasi Bisnis

Banyak profesional pemasaran yang ingin memajukan Pendidikan, mereka memilih untuk mengejar gelar master dalam pemasaran. Mirip dengan tingkat sarjana, jenis gelar ini juga dapat ditawarkan sebagai Master of Business Administration (MBA) dengan spesialisasi Pemasaran. Gelar master dirancang untuk lebih mengembangkan pengetahuan pemasaran dan bisnis siswa serta membangun pengalaman profesional sebelumnya untuk membantu lulusan mempersiapkan posisi yang lebih maju di lapangan.

Kursus umum untuk spesialisasi pemasaran di tingkat master dapat meliputi:

  • Pemasaran Strategis
  • Metode Penelitian dalam Pemasaran
  • Pemasaran Internasional
  • Manajemen Produk dan Merek

Jalur Karier Populer untuk Jurusan Pemasaran

Anda dapat mengejar sejumlah karier berbeda dengan jurusan pemasaran. Apakah Anda tertarik untuk membuat citra merek dan pedoman pengiriman pesan atau Anda lebih suka bekerja lebih banyak di sisi keuangan, menetapkan kuota, dan struktur harga, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan gelar pemasaran.

Manajer Pemasaran

Manajer pemasaran bertanggung jawab untuk menilai permintaan produk tertentu serta menghasilkan profil konsumen di seluruh area pemasaran perusahaan. Ini sering termasuk bekerja dengan tim kreatif dan periklanan untuk membangun dan menyempurnakan identitas merek dan pengiriman pesan, dan untuk memastikan bahwa materi pemasaran terhubung dengan target pasar produk.
Gelar Yang Diperlukan : Sarjana
Proyeksi Pertumbuhan Pekerjaan: 9% hingga 2024

Analis Riset Pasar

Manajer iklan bertanggung jawab untuk mengambil materi pemasaran yang dihasilkan oleh departemen kreatif atau pemasaran dan memastikannya dilihat oleh konsumen. Ini melibatkan identifikasi dan penelitian pasar, penjadwalan iklan media seperti iklan TV dan radio, dan bekerja sama dengan manajer promosi untuk menetapkan anggaran dan insentif harga.
Gelar Yang Diperlukan : Sarjana
Proyeksi Pertumbuhan Pekerjaan: 19% hingga 2024

Manajer Penjualan

Selain mengamankan kontrak penjualan, manajer penjualan bekerja untuk memastikan klien perusahaan puas dengan produk dan layanan mereka. Mereka mengawasi tim tenaga penjualan, sering menetapkan kuota untuk target pasar dan memantau angka penjualan dalam koordinasi dengan iklan dan acara promosi tertentu. Manajer penjualan akan bertemu langsung dengan klien dilapangan ketimbang manajer pemasaran dan periklanan, sehingga mereka harus memiliki keterampilan komunikasi yang kuat.
Gelar Yang Diperlukan: Sarjana
Proyeksi Pertumbuhan Pekerjaan: 5% hingga 2024