Siaran Pers

Untuk segera diterbitkan

 

Mahasiswa/i Swiss German University Berkontribusi Tingkatkan Kesadaran Kebutuhan Gizi dan Kesehatan Masyarakat melalui Acara EDAMUS: Nutritionem est Maximus

 

Tangerang, 20 Desember 2015 – Swiss German University (SGU), universitas pelopor kurikulum internasional dan program gelar ganda di Indonesia menyelenggarakan rangkaian kegiatan sosial di bidang kesehatan dan nutrisi yang bertajuk EDAMUS: Nutritionem est Maximus (Mari Makan: Nutrisi itu Penting) di Teras Kota Mall BSD City, Tangerang pada Minggu (20/12). Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial mahasiswa/i SGU terhadap kesehatan dan nutrisi masyarakat Indonesia yang berkontribusi besar terhadap kecerdasan generasi penerus bangsa

EDAMUS: Nutritionem est Maximus (Mari Makan: Nutrisi itu Penting) merupakan rangkaian acara yang diadakan oleh mahasiswa/i SGU dari program studi Food Technology (Teknologi Pangan). Rangkaian acara ini terdiri dari Food Academy, Amazing Food Race, dan Quia Vita. Food Academy merupakan serangkaian seminar bertemakan makanan dan nutrisi yang bisa diikuti oleh masyarakat umum serta kompetisi penelitian tentang nutrisi itu sendiri yang telah dilaksanakan pada September 2015 lalu bertempat di kampus SGU.  Amazing Food Race merupakan sebuah acara yang terinspirasi dari salah satu tayangan televisi dan juga dapat diikuti oleh peserta dari luar SGU. Quia Vita (untuk kehidupan) merupakan acara penutupan EDAMUS: Nutritionem est Maximus, yang berisikan serangkaian acara seperti donor darah, seminar tentang nutrisi, presentasi dan pertunjukan dari yayasan-yayasan target yang bergerak dalam bidang nutrisi dan penyakit terkait nutrisi, sekaligus sebagai ajang penutupan penggalangan donasi untuk yayasan-yayasan tersebut.

Dr. Dipl. -Ing. Samuel P. Kusumocahyo, Dekan Fakultas Life Sciences dan Technology Swiss German University menjelaskan bahwa peningkatan kesadaran kebutuhan gizi dan kesehatan masyarakat perlu dilakukan lewat program–program edukasi universitas dan kegiatan kemahasiswaan. “Acara ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang diprakarsai mahasiswa–mahasiswi Swiss German University yang memiliki pengetahuan dan kompetensi yang berhubungan dengan nutrisi khususnya pangan. Harapan kami adalah generasi muda bangsa dapat memiliki rasa kepedulian sosial terhadap isu pencukupan gizi. Organisasi Pangan Dunia mencatat terdapat 28% anak di Indonesia mengalami kekurangan berat badan dan 42% menderita pertumbuhan yang terhambat,” kata Samuel.

Christie Kanter, Director of Communication Swiss German University, mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang berlimpah, tetapi masih banyak masyarakatnya yang masih kekurangan gizi dan belum paham tentang pentingnya mencukupi kebutuhan nutrisi yang baik sehari-hari. “Rangkaian kegiatan Edamus ini sangat penting untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang pentingnya mencukupi kebutuhan nutrisi harian agar generasi penerus bangsa dapat tumbuh dengan sehat dan cerdas sehingga dapat bersaing dengan sumber daya manusia internasional, terutama dengan tibanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),” tambah Christie.

Swiss German University berkomitmen tidak hanya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kompetensi sumber daya manusia di Indonesia, tetapi juga meningkatkan kualitas kehidupan dari seluruh masyarakat Indonesia melalui kegiatan-kegiatan sosial yang membangun khususnya yang dilaksanakan oleh mahasiswa/i sebagai aset terbaik universitas.

###

Tentang Swiss German University (SGU)

Swiss German University (SGU) merupakan upaya bersama antara Jerman, Austria, Swiss dan Indonesia yang didirikan pada tahun 2000 dan berhasil menjadi universitas internasional pertama di Indonesia. Terdapat sebelas program studi sarjana dan tiga pascasarjana di SGU dimana juga terdapat program gelar ganda internasional yang menggabungkan teori dan magang bertaraf internasional yang seimbang. Seluruh pengajaran didukung oleh dosen-dosen berkualitas dari Indonesia dan luar negeri. Seluruh kelas pengajaran di SGU dilakukan 100% dalam bahasa Inggris. Informasi lebih lanjut SGU dapat diakses di: www.sgu.ac.id

Program Studi SGU: Mechatronics, Industrial Engineering, Information Technology, International Business Administration, Hotel & Tourism Management, Accounting, Communications & Public Relations, Sustainable Energy & Environment, Pharmaceutical Engineering, Food Technology, Biomedical Engineering, Master of Business Administration, Master of Information Technology, Master of Mechanical Engineering.

 

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:

Deni Hutajulu
Head of Public Relations
Swiss German University
Telp: +62 21 3045 0045 ext. 1506
Email: deni.hutajulu@sgu.ac.id
www.sgu.ac.id