Kuliah di luar negeri bisa menjadi pengalaman seumur hidup. Namun di sisi lain, biayanya pun tidak sedikit. Untungnya, ada lebih dari beberapa pilihan jika Anda ingin kuliah di luar negeri dengan murah atau bahkan secara gratis. Rahasia untuk mengimbangi biaya belajar di luar negeri ialah dengan mengingat bahwa apa yang Anda bayar untuk belajar di luar negeri seimbang dengan pengalaman dan ilmu yang akan A nda dapatkan nantinya.

Program kuliah di luar negeri membebankan biaya tambahan untuk membantu Anda menemukan perumahan, membantu mendaftar di universitas asing, atau bahkan memfasilitasi proses visa Anda. Dengan mengambil sebagian atau semua tugas ini sendiri, Anda dapat membuat pengalaman kuliah di luar negeri jauh lebih mudah.

Berikut adalah 6 cara untuk memangkas sebagian biaya tersebut dan belajar di luar negeri dengan murah atau bahkan gratis!

Source: https://www.esoeonline.org/foreign-language-school/

1. Mendaftar Langsung di Universitas atau Sekolah Bahasa Asing

Ketika universitas di Amerika Serikat cenderung cukup mahal, banyak negara menawarkan sekolah gratis atau murah, bahkan untuk siswa asing.

Paris ‘La Sorbonne misalnya, tidak memiliki biaya sekolah dan hanya ada biaya pendaftaran yang sederhana. Yakni sekitar $200. Universitas Prancis mengajar dalam bahasa Prancis sehingga ada prasyarat bahasa untuk mendaftar. Untuk siswa asing, University of Tasmania Australia hadir dengan banderol harga yang wajar berkisar $6.000 dollar, sementara Universitas Auckland Selandia Baru adalah sentuhan yang lebih mahal dengan kisaran $9.000 dollar.

Program kuliah berbahasa Inggris tidak terbatas pada negara-negara berbahasa Inggris. Kampus Universitas Nottingham di Ningbo misalnya, menawarkan program dalam bahasa Inggris dengan biaya kuliah online hanya di bawah $7.000 dollar.

Program kuliah berbahasa Inggris tidak terbatas pada negara-negara berbahasa Inggris. Kampus Universitas Nottingham di Ningbo misalnya, menawarkan program dalam bahasa Inggris dengan biaya kuliah online hanya di bawah $7.000 dollar.

Pertimbangkan untuk membuat daftar pendek dari beberapa negara tempat Anda ingin kuliah di luar negeri. Selanjutnya, periksa situs web universitas negeri di negara-negara tersebut untuk melihat apakah biaya kuliah online dapat dikelola untuk Anda. Juga, ingatlah biaya hidup di negara-negara ini.

Source: https://www.studentlifeonline.org/education/students-abroad-opportunities/

2. Relawan di Luar Negeri

Siapa bilang kuliah di luar negeri yang murah hanya bisa dilakukan di universitas? Pengalaman sukarela yang mendalam adalah kesempatan sempurna untuk mendapatkan pengetahuan bahasa asing yang berharga dan pengalaman langsung tanpa membayar biaya kuliah online sama sekali.

Sementara beberapa program menuntut siswa untuk memasangkan mereka dengan program sukarela di luar negeri. Salah satu opsi gratis adalah WWOOF, jaringan pertanian organik di seluruh dunia yang memasangkan relawan yang bersemangat dengan petani yang membutuhkan tangan ekstra. Sebagai imbalan untuk pekerjaan Anda, Anda akan diberi perumahan dan makanan gratis, dan jika Anda berupaya untuk belajar bahasa lokal, Anda akan mendapat jauh lebih banyak!

Source: http://www.picturequotes.com/the-complete-man-must-work-study-and-wrestle-quote-927172

3. Lengkapi Studi Kerja

Bekerja sambil belajar di luar negeri seringkali rumit bagi siswa internasional, terutama yang tidak memiliki visa yang diperlukan untuk dipekerjakan di negara asing. Tetapi beberapa program mampu memotong situasi sulit ini sehingga Anda dapat mengimbangi biaya program studi Anda di luar negeri dengan mendapatkan gaji. Pertimbangkan untuk mengikuti kursus menjadi guru Bahasa Inggris sebagai bahasa asing atau memilih negara yang memungkinkan Anda bekerja selama program Anda, seperti Australia atau Selandia Baru.

Juga ingat bahwa banyak negara akan memungkinkan Anda untuk bekerja paruh waktu, tergantung di negara mana Anda tinggal. Misalnya di Inggris, Anda dapat bekerja paruh waktu jika Anda tinggal lebih dari enam bulan, sementara di Spanyol, Anda dapat bekerja selama masih dalam pekerjaan yang relevan dengan bidang studi Anda. Panduan praktis yang tersedia di web kampus akan membantu Anda mengetahui lebih lanjut tentang undang-undang pekerjaan di berbagai daerah Kuliah online di luar negeri.

Selengkapnya, baca juga informasi terkait Fakta Mengenai Jurusan Bisnis

Source: https://www.idntimes.com/life/career/pinka-wima/aupair-batu-loncatan-untukmu-yang-pingin-melanjutkan-study-ke-luar-negeri

4. Bekerja sebagai Au Pair

Pergi ke luar negeri sebagai Au Pair mungkin merupakan cara terbaik untuk mengimbangi biaya program studi Anda di luar negeri. Tidak hanya berfungsi sebagai Au Pair, sebagian besar Au Pair di luar negeri juga memiliki telepon, transportasi tertutup, serta sedikit uang saku.

untuk mengimbangi biaya program studi Anda di luar negeri. Tidak hanya berfungsi sebagai Au Pair, sebagian besar Au Pair di luar negeri juga memiliki telepon, transportasi tertutup, serta sedikit uang saku.

Ada berbagai sumber daya Au Pair di Swiss German University untuk membantu Anda menemukan keluarga yang sempurna di negara tempat Anda ingin menghabiskan waktu.

Source: https://ofdpinternacional.com/Programa/diplomado-internacional-en-ensenanza-y-evaluacion-de-competencias-en-las-ciencias-sociales/

5. Pilih Program Studi Luar Negeri Murah

Jika Anda ingin melepaskan diri dari kebingungan untuk bisa mendapat pengalaman belajar di luar negeri, Anda dapat memilih program Kuliah di luar negeri dengan biaya sendiri / lebih murah. Berikut adalah beberapa informasi biaya yang jauh lebih masuk akal:

  1. Lorenzo de ’Medici, Florence, Italia (mulai dari $ 5.500)
  2. FuBIS, Berlin, Jerman (mulai dari $ 2.000)
  3. Program Musim Panas Equine, Edinburgh, Skotlandia (mulai dari $ 4,895)
  4. Sekolah Hutong, Berbagai Kota, Cina (mulai dari $ 881)

Source: https://worldscholarshipforum.com/12-steps-apply-scholarship-country/

6. Mendaftar untuk Beasiswa & Hibah

Ini jelas, tetapi kami tidak dapat mengabaikannya. Beasiswa dan hibah belajar di luar negeri adalah cara termudah untuk memotong biaya studi Anda di luar negeri. Tentu saja, jalur ini juga lebih kompetitif ketimbang beberapa opsi lain yang kami rekomendasikan sebelumnya. Sehingga opsi ini mungkin tidak bekerja untuk semua orang.

Swiss German University memiliki daftar hampir 50 studi beasiswa kuliah dan hibah di luar negeri di berbagai mata pelajaran dan program. Google adalah sumber yang bagus untuk mencari beasiswa khusus untuk program studi Anda di luar negeri, subjek yang Anda pelajari, atau negara tempat Anda ingin belajar di luar negeri.

Apa pun cara yang Anda pilih untuk mencoba belajar di luar negeri dengan harga murah, mengambil keuntungan penuh dari peluang yang diberikan kepada Anda adalah cara terbaik untuk mengimbangi biaya. Kenangan yang Anda buat di luar negeri pun akan sangat berharga!

Mungkin beberapa Universitas dikenal karena program pertukaran mahasiswa mereka, dan mungkin Anda bertemu seseorang yang bersenang-senang dengan perusahaan yang berspesialisasi dalam pengalaman mendalam. Atau mungkin seseorang yang Anda ikuti di Instagram membagikan akun motivasi pengalaman belajar mereka di luar negeri, sehingga Anda merasa harus mencobanya sendiri.

Di Swiss German University, kami telah meninjau beberapa cara paling populer untuk belajar di luar negeri dan bagaimana memulainya. Sekarang Anda tidak akan terlalu khawatir tentang “Bagaimana?” dan lebih bersemangat tentang “Kapan”

Berikut adalah 10 cara kreatif untuk belajar di luar negeri dan memulai tujuan baru.

1. Pesan Program Kuliah di Luar Negeri Melalui Universitas Anda

Siswa umum nya belajar di luar negeri melalui perguruan tinggi atau universitas mereka. Cara ini dianggap sebagai salah satu cara termudah untuk memesan program belajar di luar negeri, dan biasanya ada ketentuan khusus agar sesuai dengan persyaratan akademik Anda. Biaya primer sering kali terhubung langsung ke pembayaran uang sekolah Anda.

Selain program yang mudah ditransfer, program kuliah di luar negeri juga dapat mengelola logistik seperti visa dan perumahan. Berbicara tentang perumahan, apakah Anda tahu bahwa banyak siswa yang mengatakan belajar di luar negeri biaya sebenarnya lebih murah ketimbang tinggal di kampus?

Anda dapat menanyakan tentang peluang belajar di luar negeri yang tersedia melalui sekolah Anda dengan menghubungi penasihat program di kampus atau menelusuri portal online sekolah Anda di luar negeri.

2. Temukan Program Studi di Luar Negeri Melalui Penyedia Pihak Ketiga

Jika universitas Anda tidak memiliki program dengan fokus, lokasi, atau tanggal yang Anda cari untuk bisa mendaftar kuliah di luar negeri yang bagus, jangan menyerah dan menganggap Anda tidak ditakdirkan untuk belajar di luar negeri.

Ada banyak perusahaan yang bekerja di sektor pendidikan untuk membantu siswa menghabiskan waktu untuk mencoba kuliah online di luar negeri terlepas dari jurusan atau sekolah Anda. Perusahaan-perusahaan ini disebut juga “penyedia pihak ketiga” dan mereka berspesialisasi dalam mencocokkan siswa dengan program belajar di luar negeri di seluruh dunia. Satu hal yang perlu diperhatikan yaitu hampir selalu ada biaya tambahan untuk layanan mereka.

Terkadang, universitas dengan sedikit pilihan studi di luar negeri sudah menjalin hubungan dengan beberapa penyedia program (artinya, kredit Anda akan ditransfer dengan mudah), jadi tanyakan kepada penasihat akademik Anda untuk rekomendasi belajar di luar negeri. Jika sekolah Anda tidak memiliki hubungan yang terjalin, Anda dapat memulai penelitian sendiri melalui portal universitas yang di tuju.

3. Mendaftar Langsung dengan Universitas di Luar Negeri

Cara lain untuk belajar di luar negeri (yang tidak banyak siswa pikirkan) adalah dengan langsung mendaftar di universitas di luar negeri. Daripada melalui program terorganisir dengan sekolah Anda atau pihak ketiga, Anda dapat langsung mendaftar untuk satu semester, tahun, atau gelar penuh di universitas di luar negeri.

Terkejut mendengar Anda dapat bersekolah di negara yang berbeda bahkan jika Anda bukan warga negara di sana? Yap, banyak perguruan tinggi dan universitas di luar negeri yang benar-benar menyambut siswa internasional dengan tangan terbuka! Dan itu hanya salah satu dari banyak manfaat pendaftaran langsung.

Namun perlu dicatat bahwa jika Anda mendaftar ke universitas yang tidak menyediakan kursus dalam bahasa Inggris, Anda harus sudah memiliki pemahaman yang cukup baik tentang bahasa lokal. Jangan khawatir, kami selangkah lebih maju dan sudah mengumpulkan daftar universitas internasional yang mengajar dalam bahasa Inggris.

Apakah Anda mengerjakan proyek besar atau makalah akademis di jurusan Anda dan program kuliah di luar negeri yang Anda teliti tampak terlalu generik? Mungkin proyek ini penting untuk fase selanjutnya dari karir akademik dan profesional Anda.

Studi independen biasanya merupakan kursus mendalam yang dibuat dan diselesaikan oleh seorang siswa di bawah bimbingan sponsor fakultas. Sebagai contoh, Brown University memiliki sistem yang luar biasa yang diletakkan di situs web mereka untuk membantu siswa menyelesaikan persyaratan untuk studi independen.

Meskipun jenis kuliah di luar negeri beasiswa ini mirip dengan pemesanan program melalui sekolah Anda (Anda harus menghubungi profesor, penasihat akademis, dan kantor studi Anda di luar negeri), opsi ini lebih praktis karena persyaratan dan fokus mereka.

Selengkapnya, silahkan baca juga informasi terkait Universitas Swasta di Jakarta

4. Tambah Pengalaman Belajar Anda dengan Penelitian Lapangan di Luar Negeri

Apakah Anda berkembang dalam lingkungan belajar langsung dan tidak tahan membayangkan hanya duduk berdiam di kelas seharian (bahkan di negara lain)? Ada jenis studi khusus di luar negeri untuk Anda.

Sempurna untuk siswa yang menganggap studi independen global terlalu menuntut, penelitian lapangan adalah jenis lain dari pengalaman belajar yang mendalam untuk calon siswa yang belajar di luar negeri. Meskipun mungkin tidak menawarkan kredit akademik sebanyak studi berbasis kelas, pengalaman lapangan akan bermanfaat.

Pertimbangkan program-program seperti Institute for Field Research yang akan membuat Anda turun dan kotor dalam penggalian arkeologis, atau Ecoteer yang akan membantu Anda menyelam di lepas pantai Kamboja untuk meneliti kehidupan laut. Terlepas dari apa yang Anda cari, kemungkinan ada program penelitian lapangan untuk itu.

5. Kredit Magang untuk Sekolah

Meskipun magang di luar negeri biasanya dianggap sebagai langkah berikutnya setelah lulus kuliah online untuk mendapatkan pekerjaan, Anda masih bisa magang di luar negeri untuk kredit sekolah sebelum hari kelulusan.

Banyak perusahaan di seluruh dunia yang hanya menawarkan magang kepada kandidat yang dapat menerima kredit akademik, dan banyak universitas di seluruh dunia mungkin memerlukan sejumlah kredit magang (juga dikenal sebagai jam pengalaman) untuk lulus.

Peluang kerja pra-entri ini mungkin tidak dibayar, tetapi mereka menawarkan banyak kesempatan belajar sambil memenuhi persyaratan akademik. Ingat: pastikan untuk mendapatkan pra-program magang Anda untuk memastikan jam dan jenis magang memenuhi persyaratan kredit sekolah rumah Anda.

6. Belajar di Luar Negeri Melalui Pertukaran Mahasiswa

Program belajar di luar negeri melalui pertukaran siswa biasanya difasilitasi melalui “Hubungan Kolega“, atau universitas yang telah menjalin hubungan di banyak negara. Kampus ini menerima pertukaran siswa dengan syarat bahwa sekolah internasional nantinya akan menerima Anda ke sekolah mereka. Dan ketika siswa telah menyelesaikan semester atau tahun yang ditentukan, Anda bisa beralih kembali.

Program pertukaran pelajar paling umum di universitas tetapi dapat juga tersedia untuk siswa sekolah menengah. Biasanya untuk durasi yang lebih singkat, program pertukaran sekolah menengah meliputi pembelajaran bahasa dan pemahaman budaya.

7. Mulai Sejak Dini Dengan Program Sekolah Menengah Atas Negeri

Jika menurut Anda memulai pengalaman belajar di luar negeri dan program pertukaran bukanlah suatu pilihan, pergi ke luar negeri di sekolah menengah masih merupakan pilihan yang cukup populer.

Paling umum ialah dengan lulusan senior, program studi sekolah menengah di luar negeri semakin kuat untuk menjadi runner up untuk belajar di perguruan tinggi. Di sekolah menengah, Anda dapat memulai pendidikan internasional Anda, membuat koneksi yang akan membantu Anda di perguruan tinggi atau karier Anda, dan mendapatkan perspektif tentang dunia yang akan mengubah cara Anda menghargai pengalaman hidup Anda sendiri.
Program belajar sekolah menengah di luar negeri dapat berlangsung selama musim panas dan liburan sekolah, atau bahkan setahun penuh. Jelajahi ratusan program sekolah menengah di luar negeri yang terdaftar di website terkait dan sudah diulas langsung oleh siswa sungguhan untuk memulai.

8. Dapatkan Dukungan Pemerintah Federal untuk Kuliah di Luar Negeri

Tahukah Anda bahwa Departemen Luar Negeri dan lembaga federal mendanai kesempatan belajar di luar negeri untuk siswa dari segala usia? Apakah Anda masih berada di kelas 12, atau di perguruan tinggi? Anda dapat meningkatkan pendidikan dan penelitian proyek Anda dengan mendaftar ke program mitra mereka.

Siswa sekolah menengah ditawari beasiswa dan program bahasa berdasarkan prestasi mereka, seperti The Congress Bundestag Youth Exchange dan National Security Language Initiative for Youth. Mahasiswa sarjana dan pascasarjana memiliki akses ke kebutuhan dan beasiswa berbasis prestasi, tugas asisten pengajar, studi bahasa, dukungan penelitian lapangan, dan banyak lagi.

Pelajari lebih lanjut tentang peluang belajar dan penelitian di luar negeri yang didukung oleh pemerintah federal di situs web Departemen Luar Negeri Tiap Negara.

9. Mendaftar di Sekolah Bahasa di Luar Negeri

Apakah Anda masih terdaftar di perguruan tinggi, belum memulai, atau lulus sejak lama, cara lain Anda dapat belajar di luar negeri adalah dengan mendaftar di sekolah bahasa di luar negeri.

Ini sedikit berbeda dari kuliah di luar negeri melalui penyedia pihak ketiga, karena banyak dari mereka akan menyertakan tambahan, seperti kursus non-bahasa, kunjungan, atau menjebak Anda dengan universitas lokal. Belajar di luar negeri dengan sekolah bahasa, yaitu Anda mengambil kelas bahasa, kemudian tinggal bersama keluarga angkat atau menyewa apartemen, dan memulai perjalanan linguistik baru.

Sekolah bahasa adalah pilihan yang populer karena seringkali terjangkau, menyenangkan, dan biasanya tidak sebanyak dokumen dan aplikasi tambahan seperti program belajar formal umumnya di luar negeri.

Tidak ada cara “terbaik” untuk belajar di luar negeri. Keadaan setiap orang berbeda dan apa yang berhasil untuk satu siswa mungkin tidak berlaku untuk yang lain. Cara terbaik untuk mengetahui program studi yang tepat untuk Anda adalah dengan meninjau opsi, mengevaluasi anggaran, mengecek ketersediaan bantuan keuangan, dan memilih program yang paling sesuai dengan tujuan Anda.