Untuk para murid SMA terutama yang sedang mencari-cari kampus untuk melanjutkan pendidikan, mungkin banyak yang mempertimbangkan untuk berkuliah di luar negeri. Selain memiliki kualitas yang mumpuni dengan kuliah di luar negeri, kemampuan untuk Bahasa Inggris dalam lisan maupun tulisan pun dapat meningkat. Namun sayangnya, biaya kuliah di luar negeri itu setinggi langit dan harus menyiapkan uang yang tidak sedikit.

Swiss German University (SGU) merupakan Universitas di Indonesia yang bertaraf internasional. Bahasa pengantar Swiss German University (SGU) menggunakan Bahasa Inggris, baik dalam buku literatur maupun pada percakapan di dalam kelas perkuliahan, layaknya kuliah di luar negeri. Selain itu, Swiss German University (SGU) juga menggunakan Bahasa Jerman sebagai bahasa utama kedua dan merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh para mahasiswa pada lima semester pertama.

Gabungan kerjasama antara Negara Indonesia dengan Swiss, Jerman, dan Austria, menjadikan kurikulum kuliah di Swiss German University unik dan tak biasa. Pihak rektor membuat sebuah rumusan yang tepat agar kurikulum di Swiss German University (SGU) dapat diterima ke dalam empat negara tersebut. Pembaharuan terhadap kurikulum pun kerap dilakukan agar para lulusan Swiss German University (SGU) dapat terus mengikuti perkembangan terkini dan dapat bersaing secara global.

Bentuk kerjasama antara keempat negara ini meliputi program magang yang harus ditempuh oleh para mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusan. Seperti kuliah di luar negeri, mengenyam pendidikan di Swiss German University (SGU) mewajibkan mahasiswanya untuk melakukan 1 tahun program magang yang terbagi menjadi 2 semester, yaitu pada semester 3 (tiga) dan semester 6 (enam).

Untuk program magang di semester 3 (tiga), mahasiswa diwajibkan untuk mengambil program magang di Indonesia ke perusahaan-perusahaan yang telah bekerjasama dengan pihak Swiss German University (SGU). Pada semester 6, program magang harus ditempuh oleh para mahasiswa di luar negeri.

Sama halnya dengan program magang di Indonesia, program magang di luar negeri juga dilakukan di perusahaan-perusahaan yang telah memiliki kesepakatan sebelumnya dengan Swiss German University (SGU). Mahasiswa pun dapat menjalani program magang di luar negeri dengan perusahaan yang sama dengan program magang di Indonesia sebelumnya, bila memungkinkan.

Selain bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan skala global, Swiss German University (SGU) juga menjalin kekerabatan dan kemitraan dengan Universitas Luar Negeri, seperti Ostfalia, Hochschule Bremen, Fachhochschule Brandenburg, Fachhochschule Sudwestfalen, Hochschule Albstadt-Sigmaringen, Hochschule Koblenz, Fachhochschule Stralsund, Fachhochschule Ludwigshafen am Rhein, dan banyak yang lainnya.

Baca: Universitas Luar Negeri yang Menjalin Kerjasama dengan Swiss German University (SGU)

Dengan berbagai fasilitas dan teknologi seperti di luar negeri, kuliah dengan Bahasa Inggris dan Bahasa Jerman sebagai bahasa utama, dan jaringan kerjasama dengan perusahaan global maupun universitas-universitas Eropa dan Asia. Swiss German University (SGU) merupakan pilihan dan pertimbangan yang tepat untuk menempuh pendidikan selain kuliah di luar negeri. Kalau bisa merasakan sensasi belajar dengan standar internasional di Swiss German University (SGU), untuk apa kuliah di luar negeri?