beasiswa 2019 terbaru indonesia beasiswa ke jerman

Bagi sebagian orang mungkin masih merasa bimbang untuk memilih di antara kedua pilihan ini, “Kuliah atau kerja” keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada banyak faktor yang di pertimbangkan selain pendidikan dan gelar semata, di antaranya ialah faktor biaya dan kemauan orang itu sendiri untuk melanjutkan kuliah atau tidak.

Saat ini, banyak yang tidak melanjutkan kuliah sebab berpikir ingin langsung bekerja saja supaya bisa langsung mendapatkan hasil, ketimbang harus melanjutkan kuliah dan membuang biaya untuk kepentingan belajar dengan nominal yang tidak sedikit.

Pada pembahasan kali ini, mari kita coba menggali lebih dalam lagi mengenai 2 hal tersebut guna mengetahui mana sih yang lebih baik, melanjutkan kuliah atau langsung kerja saja.

Ketahui kelebihan dan kekurangan

Ketika Anda memutuskan untuk tidak melanjutkan kuliah, itu berarti Anda harus mempersiapkan diri untuk terjun langsung ke dunia kerja tanpa persiapan yang cukup matang. Di awal, mungkin pekerjaan yang bisa Anda lakukan ialah menjadi karyawan atau buruh di pabrik, penjaga toko, kasir, dan lain-lain.

Perusahaan biasanya merekrut kandidat dengan ijazah minimal SMA atau sederajat untuk pekerjaan ini. Sebab tidak membutuhkan keahlian atau skill khusus untuk melakukannya dan bisa diajarkan atau training langsung oleh rekan satu tim.

Namun, dalam konteks ini kemungkinan Anda akan sedikit sulit untuk mendapat kenaikan jabatan atau promosi sehingga Anda hanya akan berada di posisi tetap untuk beberapa waktu. Berbeda halnya jika Anda mencoba untuk memulai bisnis.

Anda bisa menjadi bos bagi diri Anda sendiri jika mencoba untuk membukan usaha sendiri. Namun, hal ini bisa dibilang cukup beresiko bagi Anda yang masih baru lulus sekolah. Sebab Anda tidak memiliki pengalaman yang cukup untuk menghadapi para pesaing yang sudah memiliki jam terbang yang teruji di bidangnya.

Jika Anda kuliah, setidaknya Anda sudah memiliki ilmu yang sudah dipelajari sebelumnya di kampus. Seperti misalnya, Anda kuliah dan mengambil jurusan Akuntansi. Dalam mata kuliah ini Anda akan di ajari ilmu perhitungan, keuangan, dan dituntut untuk teliti menghitung setiap pengeluaran dan pemasukan yang didapatkan.

Berbekal ilmu yang dipelajari sebelumnya, Anda bisa lebih tenang ketika terjun di lapangan kerja nanti. Sebab, Anda sudah mengetahui hal apa saja yang harus Anda lakukan di tempat kerja. Dan yang terpenting, Anda tidak akan gugup atau bingung ketika dihadapkan pada situasi-situasi yang belum pernah Anda hadapi sebelumnya.

Faktor tidak melanjutkan kuliah

Seperti yang disebutkan di awal, ada banyak faktor yang menyebabkan banyak orang yang tidak melanjutkan kuliah. diantaranya yang paling umum ialah kendala biaya kuliah yang tidak sedikit. Butuh biaya jutaan untuk melanjutkan kuliah di setiap universitas yang berbeda-beda.

Namun sebenarnya, kendala biaya ini bisa di atasi dengan adanya program beasiswa kuliah. Swiss German Unviersity mengadakan program beasiswa bagi lulusan terbaik di sekolah. Namun tentunya, Anda harus memiliki prestasi yang baik jika berharap untuk mendapatkan beasiswa ini. Silahkan klik tautan berikut untuk informasi beasiswa di Swiss German University https://www.sgu.ac.id/scholarship-bachelor/

Selain faktor biaya, satu lagi faktor banyak yang tidak melanjutkan kuliah ialah karena berfikir bahwa langsung bekerja itu mudah ketimbang harus capek-capek kuliah. Padahal sebenarnya kuliah itu sangat penting untuk membangun karakter seseorang setelah lulus dari sekolah menengah atas.

Dengan melanjutkan kuliah, Anda akan mendapatkan ilmu lebih banyak lagi dari mata kuliah yang Anda ambil sebelumnya. Anda bisa mendalami lebih jauh lagi mengenai apa yang nantinya akan Anda kerjakan sebelum terjun langsung ke lapangan kerja, setidaknya Anda membawa bekal berupa ilmu yang bermanfaat ketimbang datang dengan tangan kosong dan tanpa persiapan. Itulahsekilas pembahasan mengenai melanjutkan kuliah atau tidak, semuanya kembali pada pilihan masing-masing apakah ingin melanjutkan kuliah atau tidak. Kami hanya memberikan sekilas gambaran mengenai perbedaan antara melanjutkan kuliah atau tidak, dan hal-hal apa saja yang nantinya mungkin akan terjadi. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi buat Anda yang sedang bingung melanjutkan kuliah atau tidak.