Siaran Pers

Untuk segera diterbitkan

 

Swiss German University Persiapkan MEA 2015 di Bidang Inovasi, Kewirausahaan dan Teknologi lewat Konferensi Berskala Internasional

Tangerang, 25 November 2015 – Dengan tibanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akhir 2015, beragam peluang baru serta tantangan akan dialami oleh para pelaku akademisi, bisnis dan pemerintah yang perlu dihadapi bersama – sama. Menyadari hal ini, Swiss German University (SGU) bekerjasama dengan mitra institusi; Institut Pertanian Bogor (IPB), University of Applied Sciences Jena – Jerman, Palawan State University – Filipina dan International Management Institute (IMI) – Swiss menyelenggarakan  International Conference on Innovation, Entrepreneurship and Technology (ICONIET) 2015 yang merupakan konferensi internasional yang diselenggarakan oleh SGU dengan menggandeng mitra institusi serta afiliasi asing dan diikuti oleh para tenaga profesional danakademisi.

IMG_6512

 

Konferensi ini akan dibuka oleh Dr. Ir. Muhammad Rudy Salahuddin, MEM, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing KUKM dan  akan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 25 – 26 November 2015 di Hotel Mercure Serpong Alam Sutera ini diadakan dengan tujuan sebagai wadah dalam menjembatani pelaku akademisi, bisnis dan pemerintah terhadap industri komersial sebagai upaya kolaboratif untuk memperkuat kesiapan peserta, institusi dan negara mitra untuk menyambut MEA pada akhir tahun 2015.

IMG_6551

“Sebagai institusi pendidikan, kami bangga dapat menyelenggarakan konferensi berskala internasional ini yang juga didukung oleh para mitra institusi asing, instansi pemerintah dan pelaku industri. Program – program kami selama dua hari juga mengangkat topik- topik yang sangat relevan dan diberikan oleh pakar di bidangnya. Ada kurang lebih sepuluh pakar di bidangnya yang akan lebih membuka wawasan para peserta selama konferensi dilaksanakan. Beberapa diantaranya adalah Dr. Ir. Muhammad Rudy Salahuddin, MEM, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing KUKM; Bpk. Rahmat Gobel, Presiden Direktur PT. Panasonic Indonesia; Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, Rektor IPB serta para pakar – pakar akademisi dari mitra institusi asing kami.”, kata Rektor SGU, Dr. rer.-nat. Filiana Santoso.

Ketua ICONIET 2015, Prof. Dr. Eric J. Nasution dalam pembukaan acara memaparkan, “Sekitar 150 peserta akademisi, pelaku bisnis dan mahasiswa mengikuti konferensi yang mengusung tema ‘Technological and Entrepreneurial Development of the ASEAN Economic Community: Opportunities and Challenges’ ini.   Beberapa sub-tema yang disajikan yaitu; Business and Management, Food and Health, Energy and Environment, IT and Telecommunication, Smart Manufacturing dan Industrial Engineering. Semua peserta yang memenuhi syarat diberikan kesempatan untuk menyajikan makalah yang berkaitan dengan bidang keahlian masing-masing”.

Konferensi internasional ini bekerja sama dengan pihak – pihak lokal dan asing terkait yang memiliki tujuan yang sama yaitu memastikan kesiapan Indonesia dalam menyambut segala peluang dan tantangan dari MEA 2015. Dalam pelaksanaannya, SGU didukung penuh oleh instasi pemerintah, instansi pendidikan dari dalam negeri; Institut Pertanian Bogor (IPB), maupun dari negara mitra; University of Applied Sciences Jena, Jerman, International Management Institute, Swiss, Palawan State University, Filipina, serta 7 perusahaan multinasional sebagai mitra kami dari industri.

“Inovasi, kewirausahaan dan teknologi memiliki peran yang besar dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sehingga peran institusi pendidikan adalah untuk membentuk tenaga kerja Indonesia yang berkemampuan tinggi serta memiliki nilai kompetitif yang tinggi untuk menjadi aset yang akan memajukan negara. Inilah salah satu tujuan jangka panjang dari penyelenggaraan ICONIET 2015 ini.”, kata Dr. rer.-nat. Filiana Santoso dalam kata sambutannya.

IMG_6546

Pada hari pertama acara ICONIET 2015 ini akan diselenggarakan acara gala dinner yang bisa dijadikan wadah bagi para peserta untuk networking dan memperluas wawasan sembari menikmati pertunjukan seni yang disajikan oleh para mahasiswa – mahasiswi SGU.

###

Tentang Swiss German University (SGU)

Swiss German University (SGU) merupakan upaya bersama antara Jerman, Austria, Swiss dan Indonesia yang didirikan pada tahun 2000 dan berhasil menjadi universitas internasional pertama di Indonesia. Terdapat sebelas program studi sarjana dan tiga pascasarjana di SGU dimana juga terdapat program gelar ganda internasional yang menggabungkan teori dan magang bertaraf internasional yang seimbang. Seluruh pengajaran didukung oleh dosen-dosen berkualitas dari Indonesia dan luar negeri. Seluruh kelas pengajaran di SGU dilakukan 100% dalam bahasa Inggris. Informasi lebih lanjut SGU dapat diakses di: www.sgu.ac.id

Program Studi SGU: Mechatronics, Industrial Engineering, Information Technology, International Business Administration, Hotel & Tourism Management, Accounting, Communications & Public Relations, Sustainable Energy & Environment, Pharmaceutical Engineering, Food Technology, Biomedical Engineering, Master of Business Administration, Master of Information Technology, Master of Mechanical Engineering.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Ilham Akbar
Public Relation Officer

Swiss German University, v. Edu II.1, Edutown BSD City, Bumi Serpong Damai – 15339
Ph. +62-21-3045-0045/Fax. +62-21-3045-0001
Mob. +62812 67366417A