Siaran Pers

Untuk segera diterbitkan

Swiss German University Siapkan Lulusan Berkompetensi Global Demi Hadapi Pasar Bebas ASEAN 2015

Jakarta, 19 September 2015 – Swiss German University (SGU) hari ini dengan bangga menyelenggarakan upacara wisuda ke-12 di Pullman Hotel, Jakarta, untuk merayakan hasil dari komitmennya dalam memberikan wawasan dan ketrampilan yang berkualitas global untuk para mahasiswa – mahasiswi dengan total 321 gelar Sarjana dan Pascasarjana berkualitas lulusan dari Engineering & Information Technology, Business Administration & Humanities, dan Life Sciences & Technology. Perayaan wisuda 2015 ini mengangkat tema “Advancing Young Generation for the ASEAN Economic Community 2015” yang bermaksud untuk memberitakan kesiapan para lulusan yang memiliki kompetensi dalam menghadapi pasar ekonomi yang sangat kompetitif.

“Swiss German University merupakan institusi yang percaya bahwa dalam membangun sukses perlu diadakannya penggabungan dalam pemberian pendidikan berkualitas tinggi lewat kurikulum berstandar internasional dan kompetensi industri melalui program magang serta penanaman nilai – nilai disiplin, profesionalisme, kesetiaan, integritas, inovasi dan keungguluan guna mencapai tujuannya dalam menghasilkan lulusan yang bereputasi dengan kompetensi tersendiri yang khas”, Dr. rer. nat Filiana Santoso, Rektor Swiss German University, menyampaikan.

2015-09-19 09.21.35

ASEAN Economic Community 2015 dicanangkan dengan tujuan untuk membuka pasar bebas dimana barang, jasa serta tenaga kerja dari negara – negara anggota ASEAN dapat bergerak tanpa adanya batasan, hal ini menghadirkan banyak peluang dan ancaman bagi sumber daya manusia Indonesia. Memahami pentingnya institusi pendidikan dalam memastikan bahwa sumber daya manusia Indonesia telah siap untuk segala peluang dan ancaman ini, SGU menerapkan standar internasional melalui pembentukan kurikulum yang acuannya dari industri terkait, bekerjasama dengan 17 mitra institusi yang tersebar di Eropa dalam pemberian dual degree, penggunaan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar serta program magang  selama 1 tahun yang menjadi syarat kelulusan. Hal – hal ini merupakan faktor yang membedakan SGU dari universitas lainnya serta dikenal baik sebagai institusi yang tidak hanya membekali siswa didiknya dengan wawasan tetapi juga pengembangan karakter.

2015-09-19 09.42.45

Dr. rer. nat Filiana Santoso menambahkan, “Para lulusan SGU dapat memasuki pasar bebas ASEAN dengan percaya diri dan menggunakan kesempatan yang diberikan sebaik – baiknya. Kami percaya pengalaman belajar yang dialami para lulusan sarjana dan pascasarjana kami dapat menjadi bekal kuat untuk mereka berkarya untuk Indonesia serta membuktikan bahwa sumber daya manusia Indonesia memiliki daya saing yang kuat dengan budaya yang tinggi”.

2015-09-19 12.06.43


Upacara wisuda ini turut dihadiri oleh Koordinator KOPERTIS Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Prof. Dr. Ir. Abdul, Hakim Halim, M.Sc, Ketua Yayasan Swiss German University, Chris Kanter, serta para petinggi dari perusahaan, organisasi, institusi lokal dan internasional yang merupakan mitra Swiss German University.

2015-09-19 08.50.27

Swiss German University, didirikan atas kerjasama antara Jerman, Swiss, dan Indonesia, berlokasi di EduTown, BSD City dan menawarkan sebelas program bergelar Sarjana dan tiga program bergelar pascasarjana dengan menyediakan fasilitas terdepan serta dukungan layanan terbaik. Hadir sebagai Universitas menyediakan pendidikan berorientasi akademis, yang memperkuat hubungan antara negara-negara mitra saat ini, SGU merupakan salah satu perguruan tinggi asing yang paling sukses dengan koneksi Eropa.

###

Tentang Swiss German University (SGU)

Swiss German University (SGU) merupakan upaya bersama antara Jerman, Austria, Swiss dan Indonesia yang didirikan pada tahun 2000 dan berhasil menjadi universitas internasional pertama di Indonesia. Terdapat dua belas program studi sarjana dan pascasarjana di SGU dimana juga terdapat program gelar ganda internasional yang menggabungkan teori dan magang bertaraf internasional yang seimbang. Seluruh pengajaran didukung oleh dosen-dosen berkualitas dari Indonesia dan luar negeri. Seluruh kelas pengajaran di SGU dilakukan 100% dalam bahasa Inggris. Informasi lebih lanjut SGU dapat diakses di: www.sgu.ac.id

Program Studi SGU: Mekatronika, Teknik Industri, Teknologi Informasi, Administrasi Bisnis Internasional, Hotel & Manajemen Pariwisata, Akuntansi, Komunikasi & Hubungan Masyarakat, Energi Berkelanjutan & Lingkungan, Teknik Farmasi, Teknologi Pangan, Biomedical Engineering, MBA, MIT.