Indonesia memiliki ribuan sarjana yang belum mendapatkan pekerjaan layak dan sesuai jurusan yang kamu ambil saat kuliah. Peluang dunia kerja yang sempit adalah sebuah masalah yang kompleks. Banyak orang yang bekerja tidak sesuai dengan jurusan yang di ambil saat kuliah, hanya karena ingin cepat-cepat bekerja setelah lulus dan mendapatkan penghasilan yang baik.

Kuliah dan bekerja memang hal yang berbeda tetapi sangat menyenangkan jika kamu dapat menjalaninya dalam bidang yang benar-benar kamu kuasai. Simak beberapa langkah sebelum kamu memilih jurusan yang dapat diandalkan untuk masa depan:

  1. Ketahui minat dan bakat sejak awal
    Banyak orang yang tidak mengenal minat atau bakat terpendam pada dirinya. Ini yang membuat seseorang memilih jurusan kuliah bahkan pekerjaan yang salah.
  2. Perhitungkan peluang dan karir
    Banyak orang yang tidak memikirkan ini sejak awal, sehingga setelah lulus kebingungan dalam mencari pekerjaan. Jika memilih jurusan, jangan lupa pertimbangkan peluang karir yang bisa kamu dapatkan dari jurusan tersebut. Perhitungkan dengan matang seberapa besar peluang kamu setelah lulus.
  3. Pilih jurusan yang tepat
    Jangan terburu-buru memilih jurusan kuliah, pikirkan dengan baik dan penuh pertimbangan. Meminta pendapat pada orang yang sudah mengenal kamu, seperti wali kelas atau orang tua yang mengerti akan kemampuan belajar kamu.
  4. Diploma atau sarjana
    Dari keduanya memiliki peluang kerja yang berbeda, peluang ini akan sangat tergantung pada tempat kerja yang kamu tuju. Tidak ada yang lebih baik antara satu dengan yang lainnya, baik diploma atau sarjana, keduanya memiliki kelebihan atau kekurangan masing-masing.
  5. Temukan universitas terbaik
    Hal ini akan menjadi kebanggaan jika kita menjadi lulusan dari Universitas terbaik, namun hal ini bukan perkara yang mudah. Kamu harus tetap bekerja keras dan kemampuan akademik yang baik agar dapat duduk di Universitas terbaik.

Jadilah bagian dari civitas akademik Swiss German University dengan bergabung ke dalam Universitas Swasta Terbaik.