Tangerang – 17 Agustus 1945 merupakan salah satu tanggal paling bersejarah bagi bangsa Indonesia. Karena pada tanggal itu bangsa Indonesia telah menyatakan merdeka dan bebas dari penjajahan sekaligus sebagai awal mula berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Maka dari itu setiap tanggal 17 Agustus, bangsa kita memperingatinya sebagai Hari Proklamasi Republik Indonesia.

Namun seiring berjalannya waktu, makna dari proklamasi itu pun kian memudar. Kemajuan teknologi (era digital) dan penetrasi hal-hal berbau internasional di era globalisasi dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sekarang ini menggerus semangat nasionalisme dan kebanggaan terhadap tanah air dari para generasi muda selaku penerus bangsa.

Menyadari hal tersebut, Swiss German University selaku universitas pelopor kurikulum internasional dan program gelar ganda di Indonesia yang diakui oleh Kemenristekdikti ingin menumbuhkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air dari setiap mahasiswa/i dan tenaga pengajar serta karyawannya yang merupakan bagian dari nilai – nilai yang dipanut institusi melalui pelaksanaan upacara pengibaran bendera yang bertempat di lapangan kampus Swiss German University, Tangerang, Banten. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan lulusan yang dapat bersaing di dunia internasional dengan tetap menjunjung tinggi loyalitas terhadap tanah air dan memiliki semangat nasionalisme.

DCIM100MEDIADJI_0026.JPG

Rektor Swiss German University, Dr. rer. nat. Filiana Santoso mengatakan bahwa, “Swiss German University berkomitmen untuk memajukan pendidikan di Indonesia sekaligus menciptakan lulusan-lulusan yang dapat mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional. Akan tetapi, dalam menciptakan lulusan-lulusan tersebut, kami juga menanamkan nilai-nilai yang kami anggap sangat penting dimiliki oleh generasi muda. Salah satunya adalah loyalitas. Kami bertekad untuk menciptakan lulusan-lulusan yang berdedikasi tidak hanya terhadap almamater saja, juga kepada bangsa dan Negara.”

Selain para mahasiswa/i, tenaga pengajar, dan karyawan Swiss German University, turut hadir pada upacara pengibaran bendera dan perayaan HUT RI ke-71 ini yaitu jajaran Yayasan Swiss German University, Resimen Mahasiswa dari beberapa kampus di Indonesia dan perwakilan manajemen dari perusahaan-perusahaan mitra Swiss German University.

DCIM100MEDIADJI_0051.JPG