Source: http://ww17.leah.pasalo.info/history/bool-2603.html

Apa Itu Universitas Swasta?

Universitas swasta adalah jenis kampus independen yang menetapkan kebijakan dan tujuan mereka sendiriserta didanai secara pribadi. Universitas swasta umumnya lebih kecil daripada universitas negeri. Registrasi rata-rata di universitas swasta hanya 1.900 siswa. Sedangkan, di universitas negeri bias mencapai lebih dari 30.000 siswa.Ada banyak jenis universitas swasta di Jakarta, tiap fakultas menyediakan pendidikan berbasis luas di bidang humaniora, ilmu sosial, sains, dan lain-lain.

Tetapi banyak juga universitas swasta yang memiliki spesialisasi pada satu bidang, seperti Fakultas Seni Kreatif. Jurusan kuliah seni mendidik siswa untuk menjadi seniman dan desainer profesional. Universitas swasta lainnya didedikasikan untuk bidang teknologi, bisnis, atau medis, seperti farmasi. Selainitu, Universitas swasta juga dapat berafiliasi dengan denominasi agama atau gender tertentu.

Apakah Universitas Swasta Pilihan yang Tepat?

Pada universitas swasta, Anda dapat menikmati suasana yang hangat dan ramah. Ukuran kelas yang cenderung lebih kecil memungkinkan dosen untuk mengingat nama Anda dengan mudah. Sebagian besar siswa ada yang tinggal di asrama kampus sehingga Anda bias dengan mudah mengenal sebagian besar atau semuanya. Selain itu, di universitas swasta Anda juga akan memiliki waktu yang lebih mudah untuk berpartisipasi, baik di dalam kelas, klub siswa, tim olahraga, maupun kegiatan lainnya. Namun, universitas swasta menawarkan pilihan yang lebih terbatas dari pada universitas negeri.

Universitas negeri menawarkan berbagai program kuliah yang lebih  beragam dari pada universitas swasta. Ini berarti Anda harus hati-hati mempertimbangkan tujuan karir Anda sebelum memilih jenis universitas yang tepat. Perguruan tinggi swasta yang lebih memiliki spesialisasi dapat menjadi pilihan yang sempurna bagi siswa yang memiliki tujuan atau cita-cita tertentu ketika sudah menyelesaikan sekolah.

Bisakah SayaMendapatBantuanKeuangan di UniversitasSwasta?

Biaya kuliah di Universitas Swasta di Jakarta disebut lebih mahal daripada di universitas negeri. Sebab, universitas swasta tida menerima uang dari pemerintah. Mereka beroperasi secara mandiri dan bergantung pada biaya kuliah yang masuk dari siswa, biaya sekolah, serta investasi. Tetapi, sebelum beripikir bahwa biaya univertsitas swasta tidak terjangkau, Anda harus tahu juga bahwa beberapa universitas swasta seringkali menawarkan bantuan keuangan umum seperti beasiswakuliah.

Source: http://www.nttcom.tv/2012/04/25/why-go-public-on-the-cloud/

Fitur Universitas Swasta
Universitas swasta memiliki beberapa fitur yang membedakan mereka dari universitas negeri, yaitu;

1. Fokus Mahasiswa Sarjana dan Pascasarjana
Tidak seperti perguruan tinggi negeri, universitas swasta sering memiliki program magister dan doktoral yang lebih signifikan. MIT misalnya, memiliki hampir 3.000 lebih mahasiswa pascasarjana dari pada mahasiswa sarjana.

2. Gelar Sarjana
Sebagian besar gelar yang diberikan dari perguruan tinggi negeri adalah gelar sarjana empat tahun. Pada universitas swasta, gelar lanjutan, seperti M.A, M.F.A, M.B.A, J.D, Ph.D, dan M.D juga merupakan hal yang umum.

3. Persembahan Akademik yang Luas
Universitas biasanya terdiri dari beberapa fakultas dan siswa dapat memilih program dalam bidang seni, ilmu liberal, atau bidang yang lebih khusus, seperti teknik, bisnis, kesehatan, dan seni rupa. Anda akan sering melihat universitas “komprehensif” karena mencakup spektrum penuh bidang akademik.

4. Fakultas Fokus Pada Penelitian
Setiap universitas swasta di jakarta, dosen akan dievaluasi terlebih dahulu seperti pengalaman dan jam terbangnya guna mengetahui latar belakangnya. Mahasiswa di universitas swasta cenderung memiliki konten pengajaran yang cukup tinggi guna siswa lebih focus padapenelitian.

5. Hunian
Mayoritas siswa di universitas swasta tinggal di asrama dan menghadiri jam penuh waktu. Secara umum, Anda akan menemukan lebih banyak siswa komuter dan mahasiswa paruh waktu di universitas negeri.

Apakah Universitas Swasta Lebih Mahal Daripada Universitas Negeri?

Sekilas, ya, universitas swasta di Jakarta biasanya memiliki biaya lebih tinggi dari universitas negeri. Namun, ini tidak selalu benar. Misalnya, biaya kuliah di beberapa universitas negeri di Jakarta pun ada yang lebih tinggi daripada universitas swasta. Jika Anda keberatan dengan biaya kuliah di universitas swasta yang mahal, mungkin kampus swasta Swiss German University bias jadi pilihan yang tepat.

Kampus SGU sering kali mengadakan beasiswa bagi para calon mahasiswa yang memiliki criteria tertentu. Apabila Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan keuangan, Anda bias menjadikan Swiss German University sebagai referensi universitas swasta yang tepat.

Ketika menghitung biaya universitas, Anda juga harus melihat tingkat kelulusan. Beberapa universitas swasta memberikan materi kuliah yang lebih baik pada siswa dalam empat tahun dari pada mayoritas universitas negeri. Hal ini disebabkan karena universitas swasta memiliki lebih banyak sumber daya keuangan untuk menyediakan kursus tambahan yang diperlukan untuk staf dan memberikan konsultasi akademik yang lebih berkualitas.

Jika Anda masih bingung untuk menentukan antara Universitas Swasta di Jakarta atau Universitas Negeri, pertimbangkanlah universitas yang sesuai dengan tujuan pendidikan, profesional, dan pribadi Anda. Pastikan untuk mengunjungi universitas negeri dan universitas swasta sehingga Anda dapat merasakan pro dan kontra dari masing-masing universitas tersebut.