Universitas/kampus adalah sarana bagi siapa pun yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi setelah lulus dari sekolah menengah keatas. Itu berarti, dalam menentukan kampus tentu harus dipikirkan secara matang-matang karena menyangkut masa depan si calon siswa yang hendak melanjutkan pendidikan. Tak jarang banyak yang merasa bingung ketika memilih Universitas, sebab ada sangat banyak pilihan kampus yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

Anda harus teliti dalam menentukan kampus yang akan Anda pilih, dan yang terpenting sesuaikan minat juga bakat yang Anda miliki dengan mata kuliah yang ada di kampus. Hal ini bertujuan supaya bakat alami yang sudah Anda miliki sebelumnya semakin terasah ketika menempuh pendidikan di Universitas. Yang mana itu akan mempermudah serta membantu dalam menentukan karir masa depan Anda setelah lulus nanti.

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Pilih Universitas

Faktor yang perludi perhatikan sebelum mendaftar ke suatu universitas selain mata kuliah yang hendak diambil, diantaranya adalah fasilitas serta sarana di area lingkungan kampus dan juga jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk menempuh pendidikan di kampus tersebut.

Bicara soal biaya, tentunya sebelum mendaftar kampus Anda mesti mengetahui terlebih dahulu budget yang mesti dikeluarkan. Akreditasi, fasilitas, serta sarana yang disediakan oleh pihak kampus cukup mempengaruhi jumlah biaya finansial suatu kampus, baik uang pendaftaran, biaya per-semester, dan lain-lainnya.

Anda mesti cermat dalam memperhitungkan budget yang Anda miliki jika ingin melanjutkan kuliah di Universitas yang Anda inginkan, lakukan research terlebih dahulu supaya Anda mengetahui total pengeluaran yang wajib Anda keluarkan tiap tahunnya.

Pada kali ini, kami akan membahas mengenai 5 Universitas Terbaik di Indonesia dengan biaya yang tidak sedikit/mahal, namun memiliki standar yang mumpuni. Bahkan diantaranya merupakan kampus yang sudah berstandar Internasional lho! Menarik bukan? Penasaran? Berikut kami rangkum daftarnya untuk Anda:

1. President University

Source : http://old.presidentpost.id/2017/08/14/gadis-cantik-ini-jadi-ujung-tombak-rekrutan-kelas-s1-profesional-dan-s1-eksekutif-president-university/

President University masih menyandang predikat sebagai salah satu kampus termahal di Indonesia. Untuk melanjutkan jenjang sarjana di kampus bergengsi yang terletak di daerah Cikarang ini, Anda mesti merogoh biaya kurang lebih sekitar Rp.25.000.000,- untuk tiap semesternya.

Jumlah ini merupakan yang termahal di Indonesia jika dibandingkan dengan kampus-kampus lainnya. Kampus yang dimiliki Jababeka Industry ini memiliki standar internasional, jadi jangan heran jika biaya kuliahnya pun sebanding dengan akreditasinya. Rata-rata, orang yang menempuh pendidikan di kampus ini pun merupakan kalangan menengah keatas.

Untuk Anda yang kebetulan dari kalangan menengah keatas, mungkin kampus ini bisa jadi salah satu referensi yang cocok bagi Anda. Karena selain bergengsi, kampus ini pun memiliki standar Internasional yang membuatnya masuk dalam jajaran kampus terbaik yang ada di Indonesia. Berminat?

2. Swiss German University (SGU)

Source: https://www.sgu.ac.id/

Source: https://www.sgu.ac.id/

Swiss German University (SGU) merupakan kampus dengan biaya yang tidak sedikit selanjutnya yang masuk daftar Universitas terbaik di Indonesia. Mengapa demikian? Universitas swasta terbaik yang terletak di kawasan The Prominence Tower, Alam Sutera Tangerang ini merupakan kampus bertaraf internasional yang sudah berdiri sejak tahun 2000-an.

Selainitu, Universitas Swasta di Jakarta ini tiap semester memberangkatkan siswanya ke Jerman untuk menjalani program magang. Menarik bukan? Program kuliah di jerman / magang di luar negeri ini tentunya akan memberikan pengalaman sekaligus mengasah kemampuan siswa itu sendiri supaya dimasa yang akan datang siswa diharapkan mampu bersaing di pasar industri global.

Untuk lingkungan kampus, Swiss German University sudah menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa induknya (mesikpun terletak di Indonesia) untuk berkomunikasi dengan sesama mahasiswa, atau pun dengan dosen pengajar yang ada di kampus. Tenaga pengajar yang ada di kampus ini pun sebagian besar di datangkan langung dari luar negeri, yang tentunya sudah bersetifikat resmi dan memiliki jam terbang teruji.

Maka dari itu, tak heran jika jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk menempuh pendidikan di kampus ini mencapai nominal sekitar Rp. 24.000.000,- per semestenya. Bagaimana? Tertarik untuk kuliah di kampus ini?

Selengkapnya silahkan baca juga artikel terkait KlarifikasiSwiss German University

3. Universitas Ciputra

Source: https://www.uc.ac.id/tentang-uc/visit-uc/

Source: https://www.uc.ac.id/tentang-uc/visit-uc/

Di urutan berikutnya, Universitas terbaik di Indonesia dengan biaya yang tidak sedikit dipegang oleh Universitas Ciputra.

Kampus bergengsi yang di naungi oleh Ciputra Group ini memang terkenal memiliki mutu serta kualitas terbaik. Bapak Ciputra selaku pengelola yang berlatar belakang sebagai seorang pengusaha sukses di bidangnya telah berhasil menjadikan Universitas ini sebagai salah satu kampus yang menghasilkan banyak entrepreneur muda sukses. Itulah sebabnya, kampus ini berada pada peringkat ketiga kampus dengan biaya termahal di Indonesia. Rata-rata, siswa perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 9.000.000,- sampai Rp. 16.000.000-, tiap semesternya.

4. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Pelita_Harapan

Daftar selanjutnya sebagai salah satu Universitas terbaik di Indonesia dengan biaya yang tidak sedikit jatuh kepada Universitas Pelita Harapan (UPH). Ya, Universitas ini merupakan kampus yang sudah bertaraf Internasional, sama seperti dua kampus yang telah dibahas sebelumnya.

Jika Anda ingin masuk keperguruan tinggi ini, Anda mesti menyiapkan budget sebesar Rp. 9.000.000,- sampai Rp. 15.000.000,- tiap semesternya. Jumlah yang tidak sedikit bukan?

Untuk ukuran perguruan tinggi di Indonesia jika dibandingkan dengan beberapa kampus lainnya, nominal tersebut bisa dibilang cukup mahal, namun sesuai dengan apa yang didapatkan siswa nantinya. Sebab, selain memiliki standar dunia, kampus ini juga sudah menggunakan kurikulum berstandar internasional. Tertarik?

Selengkapnya, baca juga beasiswa kuliah 2019

5. Universitas Trisakti

Source: https://www.idntimes.com/life/education/yahya-barita/ini-dia-deretan-alumni-universitas-trisakti-yang-terkenal-di-kalangan-millennial-c1c2

Source: https://www.idntimes.com/life/education/yahya-barita/ini-dia-deretan-alumni-universitas-trisakti-yang-terkenal-di-kalangan-millennial-c1c2

Universitas Trisakti berada diposisi kelima sebagai salah satu Universitas terbaik di Indonesia dengan biaya yang tidak sedikit. Nama Universitas Trisakti sendiri melambung ketika pecahnya peristiwa 1998 yang begitu membekas di hati seluruh masyarakat Indonesia hingga saat ini. Momen tersebut sekali gusmen Andai awal era reformasi dan runtuhnya kekuasaan orde baru yang telah berkuasa selama 32 tahun lamanya di bumi pertiwi.

Semenjak peristiwa tersebutlah, Universitas Trisakti menjadi salah satu perguruan tinggi yang paling banyak diperbincangkan oleh media-media lokal sekaligus mengangkat pamornya diwaktu bersamaan. Bahkan, beberapa nama aktris/aktor papan atas yang tidak asing di telinga kita pernah menjadi alumni di Universitas ini, diantaranya: Christy Jusung, Bunga Citra Lestar (BCL), Nova Eliza, dan Nycta Gina adalah contoh nama-nama besar dalam dunia pertelevisian Indonesia yang pernah menempuh pendidikan di Universitas Trisakti.

Nah, untuk urusan biaya, Universitas Trisakti sendiri mematok harga sekitar Rp. 9.000.000,- sampai Rp. 12.000.000,- untuk setiap semesternya.

Demikian daftar Universitas Terbaik di Indonesia dengan biaya yang tidak sedikit. Sebetulnya masih ada beberapa nama perguruan tinggi yang belum kami bahas disini. Namun, supaya tidak terlalu panjang, kami memutuskan untuk membahasnya di lain kesempatan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi acuan referensi bagi Anda yang kebetulan sedang bingung memilih universitas, ataupun sekedar ingin menambah wawasan.

Tertarik dengan informasi ini? Silahkan baca juga informasi terkait :

Biaya kuliah Swiss German University
Swiss German University