IMG_4088

Jakarta, 25 September 2016 – Swiss German University (SGU) sebagai universitas internasional pertama di Indonesia yang diakui oleh Departemen Pendidikan Nasional dan yang telah berdiri selama 16 tahun, hari ini dengan bangga menyelenggarakan upacara wisuda ke-13 di Hotel Pullman, Jakarta Barat. Upacara perayaan wisuda bagi 329 mahasiswa/i program sarjana dan pasca sarjana dari fakultas Engineering & Information Technology, Business Administration & Humanities, dan Life Sciences & Technology yang merupakan realisasi nyata dari visi dan misi SGU yang mengedepankan filosofi pembelajaran pada peningkatan daya saing global serta pembentukan soft skills dan karakter lewat program magang di dalam dan luar negri.

Di tengah era globalisasi dan Masyarakat Ekonomi ASEAN, generasi penerus bangsa dihadapkan pada tantangan-tantangan baru ketika lulus dari perguruan tinggi. Tidak hanya harus dapat bersaing dengan lulusan pendidikan tinggi dalam negeri saja, generasi muda juga diharapkan mampu bersaing dengan lulusan dari negara asing. “Sesuai tema wisuda tahun ini, ‘Qualified Young Generation for Global Competitiveness’, hari ini kita merayakan kelulusan para generasi muda  yang telah melewati berbagai bentuk tantangan sehingga dapat bersaing secara global tidak hanya karena kemampuan mereka untuk mengubah pengetahuan dan keterampilan mereka menjadi hasil yang sangat berharga, tetapi juga karena terbentuknya karakter mereka saat menghadapi kesulitan hidup – karakter yang hanya dapat dibentuk karena telah mengatasi berbagai keadaan dan tantangan, bukan hanya dengan buku pelajaran dan sesi kuliah,” kata Dr. rer. nat. Filiana Santoso, Rektor SGU.

Pada wisuda ke-13 ini SGU meluluskan 258 wisudawan dari program sarjana dan 71 wisudawan dari program pasca sarjana, juga untuk pertama kalinya memberikan triple degree kepada 5 wisudawan.  SGU bangga untuk mengatakan bahwa lulusan kami telah menunjukkan hasil akademis yang sangat baik. Rata-rata IPK untuk program sarjana adalah 3,33 dan untuk program pasca sarjana yaitu 3,65. IPK tertinggi dari program pasca sarjana mencapai nilai sempurna 4,00 yang berasal dari program studi Master of Information Technology & Master of Mechatronics dari Fakultas Engineering & Information Technology dan IPK tertinggi dari program sarjana mencapai 3,99 dari program studi Information Technology yang juga dari Fakultas Engineering & Information Technology.

Sebagai universitas yang sangat mengedepankan pembentukan karakter dan menjunjung tinggi keseimbangan antara prestasi akademik dan non-akademik, pada upcara wisuda ini SGU juga memberikan penghargaan di kategori non-akademik melalui E.Y Kanter for Distinguished Achiement Award, dimana penghargaan ini diinspirasi oleh sosok Mayor Jendral Empi Yohan Kanter yang memiliki jasa mulia di zaman orde baru. Penghargaan ini diberikan kepada mahasiswa/i yang aktif dan berprestasi di bidang kampus dan dikenal sebagai sosok yang memiliki karakter positif oleh lingkungan kampus dan sekitarnya.

Upacara wisuda ini turut dihadiri oleh Koordinator KOPERTIS Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Prof. Dr. Ir. Abdul, Hakim Halim, M.Sc, Ketua Yayasan Swiss German University, Chris Kanter, Duta Besar Republik Federal Jerman untuk Indonesia tahun 2009-2012 sekaligus anggota dari Supervisory Board SGU, HE Dr. Norbert Baas, serta para petinggi dari perusahaan, organisasi, institusi lokal dan internasional yang merupakan mitra Swiss German University.

Swiss German University (SGU) memiliki komitmen tinggi untuk memajukan pendidikan tinggi Indonesia serta kualitas sumber daya manusia Indonesia dengan penyediaan program pendidikan yang inovatif melalui 11 program studi sarjana dan 3 pasca sarjana dengan pemberian dual/triple degree dari mitra-mitra institusi internasional ternama dan kerja sama industri dengan lebih dari 250 perusahaan yang tersebar di Indonesia dan Eropa.

###

Tentang Swiss German University

Swiss German University (SGU) merupakan upaya bersama antara Jerman, Austria, Swiss dan Indonesia yang didirikan pada tahun 2000 dan berhasil menjadi universitas internasional pertama di Indonesia. Terdapat sebelas program studi sarjana dan tiga pascasarjana di SGU dimana juga terdapat program gelar ganda internasional yang menggabungkan teori dan magang bertaraf internasional yang seimbang. Seluruh pengajaran didukung oleh dosen-dosen berkualitas dari Indonesia dan luar negeri. Seluruh kelas pengajaran di SGU dilakukan 100% dalam bahasa Inggris. Informasi lebih lanjut SGU dapat diakses di: www.sgu.ac.id

 

Program Studi SGU: Mechatronics, Industrial Engineering, Information Technology, International Business Administration, Hotel & Tourism Management, Accounting, Communications & Public Relations, Sustainable Energy & Environment, Pharmaceutical Engineering, Food Technology, Biomedical Engineering, Master of Business Administration, Master of Information Technology, Master of Mechanical Engineering.

 

Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi:

Deni Hutajulu

Head of Public Relations

Swiss German University

Telp: +62 21 3045 0045 ext. 1506

Email: deni.hutajulu@sgu.ac.id

www.sgu.ac.id