Source: https://universityhq.org/paying-for-college/scholarships/how-to-apply/

Mendaftar beasiswa kuliah kurang lebih hamper mirip seperti mendaftar keperguruan tinggi. Pertama Anda akan mulai dengan daftar dalam jumlah besar, kemudian memotongnya kedaftar pilihan yang lebih sedikit hingga akhirnya mengerucut pada sedikit pilihan. Kemudian Anda harus melengkapi dan mengirimkan aplikasi yang menyertakan esai, rekomendasi, dandaftar pencapaian yang menyoroti kualitas terbaik Anda.

Andajuga mungkin sudah mendengar berbagai saran tentang cara terbaik untuk mengajukan beasiswa. Namun kenyataannya adalah apa yang berhasil untuk satu orang belum tentu sesuai untuk orang lain. Sebetulnya tidak ada rahasia untuk diterapkan. Namun, saran terbaik agar pengajuan beasiswa diterima adalah dengan menggunakan akal sehat dan ikuti arahan.

Pelajari lebih lanjut tentang mendaftar program beasiswa kuliah–Saat Anda membayar uang kuliah, selalu jajaki peluang Program beasiswa kuliah sebelum mempertimbangkan pinjaman siswa federal atau swasta. Program beasiswa kuliah perguruan tinggi adalah uang gratis yang tidak perlu Anda bayar kembali. Tidak ada batasan untuk jumlah beasiswa yang dapat Anda ajukan. Jadi, ajukan sebanyak mungkin.

Tempat Mencari dan Daftar Beasiswa Perguruan Tinggi

Berikut adalah empat cara untuk menemukan peluang beasiswa:

1. Lihatlah Hobi Anda dengan Cara Baru.

Anda mungkin tidak menganggap hobi dan minat Anda sebagai cara untuk membantu membayar sekolah, tetapi Anda harus melakukannya. Ada beasiswa perguruan tinggi di luar sana untuk semua orang, seperti pengrajin, pemain musik, seniman, dan lain sebagainya. Program beasiswa kuliahtidak tertujuhanya untuk siswa berprestasi atau atlet olahraga saja.

2. Daftar untuk Pencarian Beasiswa

Ada banyak alat penelusuran program beasiswa gratis di internet dan Anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan research beasiswa semaksimal mungkin. Ini membantu Anda menemukan beasiswa yang sesuai dengan keterampilan, kegiatan, dan minat. Anda bahkan dapat mengatur lansiran khusus untuk memberi tahu Anda ketika ada beasiswa baru yang cocok dengan profil Anda.

3. Temui Penasihat Sekolah Anda

Diskusikan rencana Anda untuk membayar kuliah dengan penasihat sekolah Anda dan tanyakan tentang peluang beasiswa kuliah yang mungkin tepat untuk Anda. Selain itu, jaga mata dan telinga Anda untuk selalu terbuka didalam komunitas. Sebab, Anda mungkin mendengar tentang peluang program beasiswa kuliah perguruan tinggi melalui berbagai media seperti internet atau pekerjaan orang tua Anda.

4. Pertimbangkan Beasiswa untuk Siswa Minoritas

Jika Anda seorang siswa minoritas, ada beasiswa yang tersedia yang dapat membantu Anda membayar biaya untuk kuliah.

Kapan Waktu Yang TepatMendaftarBeasiswa?

Source: https://ama.com.au/tas/there-no-time-later

Daftarlah beasiswa kuliah lebih awal dan sesering mungkin. Beberapa tenggat waktu beasiswa paling cepat satu tahun sebelum Anda mulai kuliah. Anda tidak perlu menunggu sampai Anda membuat keputusan akhir tentang sekolah Anda untuk diterapkan.

Tapi, jangan khawatir jika Anda melewatkan beberapa informasi beasiswa kuliah di awal. Ada banyak peluang program beasiswa kuliah di luar sana, semua dengan tenggat waktu yang berbeda.

Ketika Anda bersiap untuk mengajukan beasiswa kuliah perguruan tinggi, perlu diingat bahwa beasiswa yang berbeda memiliki kriteria serta kualifikasinya masing-masing dan memerlukan dokumen tertentu. Beberapa tips berikut ini dapat membantu saat Anda memilih beasiswa kuliah mana yang tepat:

1. Jujur

Jangan melebih-lebihkan nilai, keanggotaan, keterampilan, atau kualifikasi Anda. Anda akan lebih cenderung menerima beasiswa jika mengajukan permohonan yang sesuai dengan minat dan keterampilan Anda.

2. Bersikap proaktif

Lamar beasiswa setiap tahun saat Anda kuliah. Sekitar 50% dari beasiswa yang tersedia adalah untuk siswa yang sudah terdaftar di perguruan tinggi.

3. Rajin

Perhatikan detailnya, beberapa program beasiswa kuliah mengharuskan Anda untuk menulis esai sementara yang lainnya mungkin menginginkan surat rekomendasi. Kirim apa yang diminta dan koreksi semuanya, kesalahan ketik ataupun materi yang hilang dapat menjadi faktor menang atau tidaknya beasiswa yang Anda incar.

4. Tepat Waktu

Beberapa program beasiswa kuliah sangat cepat dan mudah diterapkan. Namun ada juga yang membutuhkan lebih banyak waktu. Jika aplikasi beasiswa kuliah tidak dapat dikirim secara elektronik, gunakan surat bersertifikat.

5. Tetap Waspada

Anda tidak perlu membayar untuk pencarian beasiswa. Kepala sekolah dan kantor bantuan keuangan sekolah dapat merekomendasikan opsi beasiswa yang memiliki reputasi baik pada Anda. Dan juga jangan mengabaikan beasiswa yang lebih kecil, bahkan beberapa ratus ribu saja dapat membantu Anda mengimbangi biaya buku pelajaran dan persediaan.

6. Jangan Lewatkan Tenggat Waktu

Beberapa beasiswa memiliki tenggat waktu di awal tahun. Tandai tanggal jatuh tempo pada kalender Anda dan mundurlah untuk mengetahui berapa banyak waktu yang Anda miliki untuk menyelesaikan setiap bagian dari persyaratan beasiswa tersebut.

Mulai Penelitian Anda

Meneliti beasiswa, meminta informasi, serta menyelesaikan aplikasi semuanya membutuhkan waktu. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang apakah Anda memenuhi syarat untuk beasiswa tertentu, hubungi sponsor beasiswa. Tidak ada gunanya mengajukan beasiswa yang tidak berhak Anda terima.

Selengkapnya, baca juga informasi terkait UnivTerbaik Di Indonesia

Teliti dan Terorganisir

Source: http://cuddlesanctuary.com/when-its-not-a-hell-yes/4159253-magnifying-glass-questions/

Buat file terpisah untuk setiap beasiswa dan urutkan file berdasarkan tanggal jatuh tempo pendaftaran. Anda juga harus mengumpulkan item yang perlu Anda terapkan. Banyak beasiswa meminta Anda mengirim beberapa atau semua hal berikut ini:

  • Transkrip sekolah menengah
  • Nilai tes standar
  • Formulir bantuan keuangan
  • Informasi keuangan orang tua, termasuk pengembalian pajak
  • Satu esai atau lebih
  • Satu atau lebih surat rekomendasi
  • Bukti kelayakan untuk beasiswa (misalnya, bukti keanggotaan dalam kelompok tertentu)

Anda juga mungkin perlu mempersiapkan diri untuk wawancara. Jika Anda bersaing untuk mendapatkan program beasiswakuliah berbasis bakat, Anda mungkin perlu mengikuti audisi atau menyerahkan portofolio.

Ikuti Instruksi dan Arahan

Jika materi pendukung tidak diminta dalam form pendaftaran, jangankirimkan. Gunakansaja akal sehat dan mulailah dari awal serta ikuti arahan.

Periksa Form Pendaftaran Sebelum Anda Mengajukan Beasiswa Kuliah

– Pastikan Anda mengisi semua bagian yang kosong. Anda dapat menghubungi sponsor beasiswa jika Anda tidak yakin bagaimana cara mengisi bagian dari aplikasi tersebut.

– Pastikan jawaban Anda dapat dibaca. Jika Anda bisa, isi form pendaftaran kuliah secara online. Jika Anda harus menulis aplikasi, cetak dengan rapi.

– Jika Anda menggunakan kembali materi (seperti surat lamaran atau esai) dari aplikasi beasiswa lain, pastikan Anda tidak meninggalkan nama yang salah.

– Periksa ulang aplikasi Anda. Jalankan pemeriksa ejaan dan tata bahasa pada form pendaftaran kuliah. Juga, mintalah orang lain membaca esai Anda untuk menangkap kesalahan dan member Anda umpan balik.

– Ingatlah untuk menandatangani dan member tanggal pada formulir pendaftaran Anda.

Simpan Salinan Pendaftaran Beasiswa Kuliah Sebelumnya

Memiliki salinan aplikasi beasiswa akan mempermudah Anda untuk mengirim ulang aplikasi dengan cepat ketika mungkin aplikasi hilang melalui pos. Jika Anda mengajukan permohonan beasiswa online, simpan salinan pekerjaan Anda di komputerAnda.

Lacak Kiriman Jika Anda Mengirim Menggunakan Kurir

Jika Anda mengirimkan form pendaftaran beasiswa kuliah melalui jasa kurir pos surat, pertimbangkan untuk menggunakan layanan bersertifikat resmi atau mintalah tanda terima untuk mengonfirmasi bahwa materi Anda telah sampai di tujuan.

Demikian informasi terkait Tips mendaftar program beasiswa kuliah mudah dan cepat, semoga bermanfaat dan bias dijadikan referensi bagi anda yang kebetulan sedang mencari Program Beasiswa Kuliah yang tepat.